Kamis 14 Sep 2023 16:34 WIB

Kebun Binatang di Jeddah akan Dibuka Kembali

Warga Jeddah menunggu pembukaan tersebut sejak.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kebun binatang di Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Kebun binatang di Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Wali Kota Jeddah berencana membuka kembali kebun binatang baru di kegubernuran Jeddah dalam waktu dekat, lapor surat kabar Al-Watan. Langkah wali kota tersebut sebagai tanggapan atas permintaan lama dari penduduk Jeddah.

Sejak beberapa tahun, warga Jeddah telah menunggu pembukaan kebun binatang setelah penutupan kebun binatang pada 2007. Kebun Binatang Beautiful Creatures Zoo terletak di area seluas 16 ribu meter persegi itu adalah kebun binatang itu milik pribadi yang terletak di sebelah barat jalan lingkar di ujung Jalan Tahlia di distrik Al-Rehab.

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (14/9/2023), Kebun binatang ditutup karena beberapa alasan. Alasan utamanya adalah bahwa lokasi kebun binatang berada di dalam properti yang diambil alih untuk pembangunan Proyek Kereta Berkecepatan Tinggi Haramain.

Alasannya juga termasuk keluhan dari penduduk lingkungan karena lokasi kebun binatang di daerah perumahan. Warga mengeluh tentang emisi bau yang tidak sedap, dan penyebaran nyamuk yang menularkan demam berdarah dari air yang tergenang di kolam untuk hewan karena kurangnya perawatan dan pembersihan yang tepat.

Jungle Land Theme Park adalah salah satu taman hewan terkenal di wilayah tersebut. Tetapi penduduk Jeddah mengatakan bahwa taman itu jauh dari pusat kota dan sulit bagi mereka untuk melakukan perjalanan keluarga, terutama selama akhir pekan.

Dibuka pada 1999, Jungle Land Theme Park adalah tujuan hiburan paling populer di Jeddah. Terletak di Desa Mersal di Jalan Osfan, 32 km dari pusat kota Jeddah. Taman ini berisi 1.000 spesies hewan liar dan 200 spesies burung langka. Ini adalah salah satu taman hiburan petualangan terbesar di Arab Saudi, dengan total luas 104.413 meter persegi. Taman ini dapat menampung hingga 15 ribu orang sekaligus.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement