Sabtu 23 Sep 2023 20:00 WIB

Empat Situs Warisan Riyadh Ini Mendefinisikan Kisah Nasional Arab Saudi

Riyadh memiliki sejumlah situs warisan sejarah.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Rencana pembangunan Gerbang Diriyah sebagai salah satu destinasi budaya bersejarah yang utama di Arab Saudi.
Foto: Arab News
Rencana pembangunan Gerbang Diriyah sebagai salah satu destinasi budaya bersejarah yang utama di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Banyak keajaiban alam, arkeologi, dan arsitektur yang turut menentukan kisah nasional Riyadh dan Arab Saudi. Dilansir dari Arab News, berikut ini terdapat empat situs yang dianggap paling menonjol.

Wadi Hanifah

Baca Juga

Dari sekian banyak saluran air musiman kuno yang mengalir dari lereng pegunungan Tuwaiq sepanjang 800 km yang membelah dataran tinggi Najd, Wadi Hanifahlah yang memainkan peran paling penting dalam sejarah Arab Saudi.

Pada tahun 1446 Ibnu Dir, penguasa Hajr, sebuah kota di wilayah Riyadh modern, menawarkan tanah di tepi sungai yang subur kepada sepupunya, Manaa' Al-Muraide, pemimpin marga Marada dari suku Al-Duru dari Bani Hanifah.

Klan ini berasal dari Arabia tengah, namun beberapa generasi yang lalu bermigrasi ke timur untuk menetap di dekat Qatif di tepi Teluk, di tempat yang mereka namakan Diriyah, sesuai dengan nama suku mereka.

Al-Muraide menerima undangan Ibnu Dir dan memimpin kaumnya kembali ke asalnya, menamai rumah baru mereka Diriyah dengan nama pemukiman lama mereka dan mengubah tanah tersebut menjadi oasis produktif, yang diberi nutrisi oleh tanah subur Wadi Hanifah.

Sejak wadi, yang selama berabad-abad menjadi saksi bisu kemenangan dan tragedi yang menentukan zaman, telah mengalir melalui kisah Arab Saudi, menyehatkan tanah dan rakyatnya.

Saat ini Wadi Hanifah, yang dipugar dan diremajakan kembali ke kejayaannya, menjadi jantung transformasi Diriyah menjadi tujuan wisata global yang berfokus pada budaya dan warisan kawasan bersejarah ini.

Diriyah

Diriyah menjadi terkenal sekitar tahun 1720, ketika Saud ibn Mohammed dari Al-Muqrin mengambil alih kepemimpinan kota tersebut, mendirikan Rumah Saud dan membuka jalan bagi pendirian Negara Saudi Pertama pada tahun 1727 oleh putra dan penerusnya Imam Mohammed.

Di bawah pemerintahan Muhammad dan tiga penguasa Diriyah berikutnya, kekuasaan, kekayaan, dan pengaruh negara berkembang pesat, hingga pada tahun 1811 negara tersebut menguasai wilayah yang lebih luas daripada wilayah Kerajaan Arab Saudi modern.

Pada tahun 2010, distrik At-Turaif Diriyah yang terbuat dari batu bata lumpur, rumah leluhur keluarga kerajaan Saudi, terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tahun 2019 Raja Salman meletakkan batu pertama proyek Gerbang Diriyah, sebuah pembangunan seluas 7 km persegi yang dibangun dengan arsitektur batu bata lumpur gaya Najd yang unik, yang sekarang hampir selesai sebagai tujuan budaya dan gaya hidup global, menjadi tuan rumah bagi museum, galeri, restoran, toko, rumah, alun-alun, hotel, tempat rekreasi, lembaga pendidikan.

Benteng Masmak

Setelah kekalahan pada tahun 1818, kekayaan Saudi mengalami pasang surut selama 84 tahun berikutnya, hingga pada tahun 1902, seorang pangeran berusia 26 tahun mulai bosan dengan kehidupannya di pengasingan di Kuwait.

Abdulaziz ibn Abdul Rahman Al-Saud, yang kemudian mencapai ketenaran di seluruh dunia sebagai Ibn Saud, orang yang kemudian mendirikan Kerajaan Arab Saudi, memimpin sekelompok kecil pejuang ke barat menuju Riyadh, menyerang Benteng Masmak, mengusir saingannya Rashidi kekuatan dan merebut kembali warisan sah keluarganya.

Dalam foto yang diambil pada tahun 1912, menara benteng yang terbuat dari batu bata lumpur tampak besar di balik tembok kota, tidak menghadap apa pun kecuali lahan terbuka di baliknya. Saat ini benteng tersebut berada di jantung kota.

Tembok-tembok tersebut telah runtuh, tersapu oleh pesatnya pertumbuhan ibu kota Saudi pada tahun 1950-an, namun benteng ini tetap menjadi museum dan simbol berharga dari jalan sulit dan upaya heroik yang pada akhirnya mengarah pada berdirinya Kerajaan Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement