Jumat 06 Oct 2023 06:17 WIB

‘Pencinta Sepak Bola Puas Kinerja Erick Thohir, Ya Lumrah’

Sebanyak 80,6 persen responden merasa puas dengan kinerja Erick Thohir memimpin PSSI.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Ketua PSSI Erick Thohir mengunjungi latihan Timnas U17 Indonesia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2023). Timnas Indonesia akan bertanding besok dengan Timnas U17 Korea.
Foto: Dok PSSI
Ketua PSSI Erick Thohir mengunjungi latihan Timnas U17 Indonesia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2023). Timnas Indonesia akan bertanding besok dengan Timnas U17 Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo, menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebut mayoritas publik khususnya pecinta sepak bola tanah air merasa puas dengan kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI. Publik melihat tren positif perkembangan sepak bola Indonesia sehingga mereka merasa puas dengan kepemimpinan PSSI di bawah Erick Thohir. 

"Ketika ada perkembangan yang positif dari sepak bola Indonesia apakah kompetisi atau tim nasional, semuanya memperlihatkan kemajuan. Pasti imbasnya adalah kepemimpinan di PSSI itu dinilai membaik. Jadi kalau Pak Erick memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, ya lumrah,’’ kata Kesit saat dihubungi Republika, Kamis (5/10/2023).

Hal sebaliknya pun demikian. Jika sepak bola nasional tiba-tiba mengalami penurunan, maka masyarakat juga akan menyoroti dan mempengaruhi penilaian kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI. 

Sebab itu, Kesit berharap perbaikan demi perbaikan di bawah kepemimpinan ketua umum PSSI Erick Thohir terus bisa ditingkatkan. Karena, pekerjaan rumah mengurus sepak bola Indonesia sangat banyak.

LSI sebelumnya melakukan survei terhadap 1.206 responden. Hasilnya, sebanyak 80,6 persen responden mengaku puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI. Rinciannya yakni 28,2 persen sangat puas dan 52,4 persen cukup puas terhadap Erick Thohir yang disebut ketum PSSI berprestasi.

Survei juga menyasar 91,4 persen para penggemar klub sepak bola seperti Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Arema Malang, Persib Bandung, PSM Makassar, dan lain-lain. Hasilnya, cawapres pilihan anak muda ini mendapat tingkat kepuasan: 34,9 persen merasa sangat puas dan 56,5 persen cukup puas terhadap kinerjanya memimpin PSSI.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, sebelumnya mengatakan terdapat dua model responden yakni semua responden dan responden yang mengaku sebagai penggemar klub di Indonesia. "Awareness dan kepuasan terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI lebih tinggi di kelompok yang mengaku sebagai penggemar sepak bola di Indonesia," ujar Djayadi saat pemaparan hasil survei nasional bertajuk "Isu-isu Sepak bola dan Pilihan Politik" di Jakarta.

Djayadi menyampaikan 80,6 persen responden mengaku puas dengan kinerja Erick Thohir memimpin PSSI. Rinciannya yakni 28,2 persen sangat puas dan 52,4 persen cukup puas.

Djayadi menjelaskan 91,4 persen para penggemar klub sepak bola seperti Persija, Persebaya, Arema, Persib, PSM, dan lain-lain, menyampaikan kepuasannya terhadap kinerja Erick Thohir. Hasilnya yakni 34,9 persen merasa sangat puas dan 56,5 persen cukup puas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement