Selasa 12 Dec 2023 17:40 WIB

Timnas AMIN: Anies Siap Debat karena Punya Bekal Saat Pimpin DKI

Tema debat capres soal penegakan hukum, HAM, demokrasi dan pemberantasan korupsi.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN', Usamah Abdul Aziz mengatakan, Anies berkompeten dalam berbagai aspek atau bidang sehingga dinilai mumpuni saat acara debat capres. Debat perdana KPU RI diketahui digelar pada malam hari ini, Selasa (12/12/2023). 

Menurut Usamah, Anies memiliki bekal banyak karena berpengalaman memimpin DKI Jakarta. Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022 yang lalu dengan beragam bermasalahan Ibu Kota yang dihadapinya, di antaranya aspek pemerintahan dan pelayanan publik, hingga hak asasi manusia (HAM). 

Baca Juga

"Pemprov DKI kan mengurusi semuanya, HAM iya, pemerintahannya iya, pelayanan publiknya iya jadi memang semuanya beliau (kuasai)," kata Usamah di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Usamah menuturkan, Timnas AMIN telah membantu Anies menyiapkan materi sejak tema resmi disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Terutama, tema perdana debat capres yang dihelat pada malam ini, yakni pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

"Debat hari ini, tim dari jauh-jauh hari sebelumnya dari 1-2 minggu yang lalu sudah mempersiapkan konsep sudah mempersiapkan materi yang memang sesuai dengan topik yang tanggal 12 Desember 2023 ini akan dibicarakan. Khususnya memang terkait dengan korupsi, pemerintahan, layanan publik sangat menjadi konsen untuk paslon AMIN untuk ke depannya," terangnya. 

Diketahui, debat perdana antarcapres pada malam hari ini mulai pukul 19.00 WIB akan mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Cawapres mereka masing-masing ikut hadir sebagai pendamping, tapi tak boleh ikut berbicara.

Tema debat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat terdiri atas enam segmen, yang empat di antaranya merupakan ruang bagi capres untuk saling sanggah. 

Moderator debat adalah dua jurnalis TVRI, Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya. Ajang adu gagasan yang dimulai pukul 19.00 WIB itu ditanyakan secara live di TVRI dan RRI. Enam segmen debat akan berlangsung selama 120 menit dan ditambah durasi iklan selama 30 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement