Selasa 19 Dec 2023 23:12 WIB

Rayakan HAB ke-78, Kemenag akan Nikahkan 78 Pasangan Secara Gratis

Wapres dijadwalkan membuka perayaan HAB ke-78.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Logo Kementerian Agama
Foto: kemenag.go.id
Logo Kementerian Agama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama akan merayakan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 pada 2-7 Januari 2024. Sejumlah rangkaian acara telah disiapkan untuk memeriahkan hari berdirinya Kemenag tersebut. Bahkan, pada acara puncak HAB ke-78, Kemenag akan menikahkan puluhan pasangan secara gratis. 

Puncak acara tersebut akan dikemas dalam bentuk Devotion Experience (Dev-X). Ajang ini dikemas secara Pop Festival, menggabungkan antara dialog, edukasi, inovasi, inspirasi, serta jejaring dan hiburan. Dev -X akan berlangsung pada 5-7 Januari 2024 di JCC Jakarta.

Baca Juga

Ketua Panitia HAB ke-78, Prof Ahmad Zainul Hamdi mengatakan, jika ada masyarakat yang ingin menikah dengan momentum Dev-X tersebut, maka akan dilayani secara gratis. Pendaftaran sudah bisa dilakukan melalui Kantor KUA di DKI Jakarta atau mendaftar langsung di lokasi. 

"Slotnya ada 78 sesuai dengan usia kementerian agama dan kita berharap ada 78 pasangan yang akan menikah on the spot di Dev-X," ujar pria yang akrab dipanggil Prof Inung ini di Jakarta, Selasa (19/12/2023). 

Menariknya, menurut dia, pernikahan massal tersebut nantinya juga akan disaksikan secara langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. "Pembukaannya kita berharap dibuka oleh Wakil Presiden. Insya Allah Wakil Presiden juga akan menjadi saksi sekaligus memberi mauidatul hasanah, walimatul ursy," ucap Prof Inung. 

Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag ini menambahkan, dalam kegiatan Dev-X tersebut akan menyajikan pameran kinerja 11 Unit Eselon I Kementerian Agama RI. Ada juga bazar yang melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dev-X juga akan dimeriahkan penampilan seni dan para artis Indonesia di bidang musik, serta penampilan para finalis Kemenag Talents Show,” kata Prof Inung.

Dia pun mengundang masyarakat Indonesia dari berbagai daerah untuk ikut hadir dalam setiap rangkaian HAB ke-78 Kementerian Agama. Dia juga berharap kepada para ASN Kemenag untuk menjadikan HAB ke-78 sebagai momentum yang menumbuhkan semangat baru untuk lebih meningkatkan kinerja dalam mewujudkan Indonesia hebat bersama umat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement