Senin 22 Jan 2024 07:00 WIB

Pengamat Sebut Debat Cawapres Berakhir Imbang

Selama debat berjalan, tidak ada yang terlihat lebih unggul ataupun kalah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Debat ke empat Cawapres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Ahad (21/1/2024), berlangsung imbang.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Debat ke empat Cawapres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Ahad (21/1/2024), berlangsung imbang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC), Khoirul Umam, mengatakan debat cawapres atau debat ke empat antara Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD berakhir imbang. Khoirul melihat selama debat berjalan, tidak ada yang terlihat lebih unggul ataupun kalah.  

“Debat keempat kali ini ketiganya bermain imbang. Masing-masing cukup disiplin untuk menjaga poin politik mereka agar tidak dicuri lawan,” kata Khoirul, Ahad (21/1/2024).

 

Khoirul menilai debat kali ini, kubu 01 dan 03 kembali menunjukkan kekompakkan mereka untuk menghantam 02. Kali ini, keduanya dipertemukan oleh isu kebijakan Food Estate, impor pangan hingga tudingan kepada pemerintah Jokowi yang dinilai tidak menunjukkan keberpihakan dan abai pada petani. 

 

“Strategi itu kembali dilakukan 01 dan 03 bersama-sama untuk mendegradasi basis elektoral 02,” ucap Khoirul.

 

Pakar dari Universitas Paramadina itu berharap tajamnya serangan antar-kontestan bisa menciptakan poin politik. Namun, jika upaya saling kritik itu lama-lama semakin masuk terlalu jauh hingga mencungkil ego masing-masing calon pemimpin, hal itu justru akan merepotkan mereka untuk bermanuver dalam membangun komunikasi politik koalisi, ketika Pilpres memasuki putaran kedua nantinya.

Baca Juga

Untuk diketahui debat keempat Pilpres 2024 yang mempertemukan para cawapres akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Ahad (21/1/2024) pukul 19.00 WIB. 

 

 Adapun tema debat mengangkat tema Energi, Sumber Daya Alam (SDA), Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat. Moderator debat keempat ini adalah Retno Pinasti dari SCTV dan Silvia Iskandar dari Metro TV.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement