Senin 05 Feb 2024 17:16 WIB

Hal-Hal yang Membuat Rezeki Berkah

Keberkahan rezeki adalah anugerah dari Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Hal-hal yang Membuat Rezeki Berkah. Foto:  Rezeki/Ilustrasi
Foto: Dok. Republika
Hal-hal yang Membuat Rezeki Berkah. Foto: Rezeki/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Banyak orang mencari cara untuk meningkatkan rezeki yang berkah dalam hidupnya. Namun apa saja faktor yang menjadikan rezeki itu berkah?

Keberkahan adalah anugerah dari Allah SWT yang sejatinya bertambah. Namun keberkahan ini tidak diukur dengan faktor bertambahnya materi yang didasarkan pada kemampuan manusia, karena ini adalah anugerah ilahi. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

كُلًّا نُّمِدُّ هٰٓؤُلَاۤءِ وَهٰٓؤُلَاۤءِ مِنْ عَطَاۤءِ رَبِّكَ ۗوَمَا كَانَ عَطَاۤءُ رَبِّكَ مَحْظُوْرًا

"Kepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (golongan) itu (yang menginginkan akhirat), Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi." (QS. Al Isra ayat 20)

Karena itu, ketika Allah memberikan keberkahan pada harta seorang hamba, maka bertambahlah harta tersebut.

Dalam konteks demikian, apa saja hal-hal yang membuat rezeki berkah? Berikut ini penjelasannya.

1. Takwa kepada Allah SWT

Bertakwa kepada Allah SWT adalah salah satu faktor melimpahnya dan berkah rezeki. Hal ini sebagaimana dijanjikan Allah SWT dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS. At Talaq ayat 2-3)

2. Bertobat dan Mohon Ampunan

Namun, ada kaitan antara taubat dan rezeki berkah? Sejatinya manusia adalah lemah. Tidak bisa menjauhi segala kekurangan dan bentuk-bentuk kemaksiatan. Allah SWT berfirman:

يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّخَفِّفَ عَنْكُمْ ۚ وَخُلِقَ الْاِنْسَانُ ضَعِيْفًا

"Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah." (QS An Nisa ayat 28).

Manusia bisa saja meninggalkan apa yang diperintahkan kepadanya dan melakukan apa yang dilarangnya, sehingga berujung pada dosa. Sedangkan dosa adalah salah satu faktor yang merampas rezeki seseorang, dan menghilangkan keberkahan rezeki.

Karena itu, faktor lain yang menjadikan rezeki berkah adalah bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya, serta memohon ampunan kepada Allah SWT dengan sering-sering mengucapkan kalimat istighfar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement