Sabtu 24 Feb 2024 08:13 WIB

Arab Saudi Rayakan Hari Lahir, Ini Daerah yang Menjadi Akar Sejarahnya

Negara Saudi pertama berkembang di bawah kepemimpinan Imam Mohammed bin Saud.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anggota pasukan khusus Arab Saudi mengangkat bendera nasional Saudi.
Foto: AP/Amr Nabil
Seorang anggota pasukan khusus Arab Saudi mengangkat bendera nasional Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Hari Lahir atau Founding Day Arab Saudi yang jatuh setiap 22 Februari menandai hampir tiga abad sejak berdirinya negara Saudi pertama oleh Imam Muhammad bin Saud pada 1727.

Kamis (22/2/2024) waktu setempat menandakan peristiwa penting, dan merayakan kedalaman akar sejarah serta warisan abadi Kerajaan di bawah kepemimpinan para pendiri dan pemimpin berturut-turut.

Baca Juga

Tempat lahirnya negara Kerajaan Arab Saudi adalah Diriyah. Kisah Diriyah dimulai dengan permukiman suku Banu Hanifa di Semenanjung Arab bagian tengah, berkembang menjadi pusat politik dan budaya yang menjadi landasan terbentuknya negara Saudi.

Pembentukan Diriyah sebagai negara kota oleh Pangeran Manea bin Rabia Al-Muridy pada tahun 1446 M menandai titik balik yang penting, memperkenalkan model pemerintahan yang unik di wilayah tersebut, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Jumat (23/2/2024).

 

Dengan Diriyah sebagai ibu kotanya, negara Saudi pertama berkembang di bawah kepemimpinan Imam Mohammed bin Saud, menekankan prinsip-prinsip Islam yang sejati, pemerintahan yang rasional, dan komitmen terhadap kesejahteraan warganya dan komunitas Islam.

Periode ini memperlihatkan Diriyah....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement