Rabu 28 Feb 2024 16:49 WIB

Arab Saudi Terima Kunjungan 100 Juta Wisatawan Selama 2023

Saudi berkomitmen menciptakan sektor pariwisata yang sejahtera dan berkelanjutan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tayeb Al-Ism, Wisata Alam Paling Menakjubkan di Arab Saudi
Foto: Arab News
Tayeb Al-Ism, Wisata Alam Paling Menakjubkan di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Organisasi Pariwisata Dunia (Pariwisata PBB) memuji pencapaian luar biasa Arab Saudi di sektor pariwisata. Hal ini karena Saudi telah menampung lebih dari 100 juta wisatawan domestik dan asing pada tahun 2023.

Dalam pernyataannya, UN Tourism menyampaikan, ini adalah bukti visi strategis Arab Saudi dan pertumbuhan sektor yang kuat menandai sebuah tonggak penting dalam perjalanannya untuk menjadi kekuatan pariwisata global.

Baca Juga

"Pencapaian luar biasa ini, yang diperoleh tujuh tahun lebih cepat dari jadwal semula, tidak hanya menggarisbawahi kemunculan Arab Saudi sebagai kekuatan pariwisata global namun juga menyoroti peran utamanya dalam diversifikasi ekonomi dan pembangunan berkelanjutan sektor pariwisata di seluruh dunia," kata UN Tourism dalam sebuah pernyataan, dilansir Saudi Gazette, Kamis (28/2/2024).

Pencapaian ini ditandai dengan kedatangan lebih dari 27 juta wisatawan internasional dan lebih dari 79 juta wisatawan domestik dengan total pengeluaran gabungan lebih dari 67 miliar dolar AS. Hal ini tidak hanya menunjukkan kuatnya sektor pariwisata Kerajaan, namun juga menggarisbawahi komitmen Kementerian Pariwisata Saudi terhadap pengumpulan data tingkat lanjut dan analisis statistik.

 

Dengan peningkatan permintaan izin kegiatan pariwisata sebesar 390 persen pada tahun 2023 dan kontribusi pariwisata terhadap nilai tambah bruto (GVA) non-minyak diperkirakan melebihi tujuh persen, visi Arab Saudi untuk masa depan sudah jelas.

"Dengan kontribusi langsung sektor pariwisata terhadap PDB yang diperkirakan melebihi empat persen, negara ini telah menunjukkan ketahanan, inovasi, dan komitmen terhadap keunggulan," kata pernyataan itu.

Pariwisata PBB telah berkolaborasi erat dengan Arab Saudi mengakui upayanya dalam mengembangkan infrastruktur pariwisata yang kuat dan kemampuan analisis statistik.

Peresmian Kantor Regional Pariwisata PBB untuk Timur Tengah di Riyadh pada tahun 2021 menandai langkah signifikan dalam mendorong inovasi pariwisata, pendidikan, dan pembangunan pedesaan. Kemitraan ini berperan penting dalam memposisikan Arab Saudi sebagai pemimpin dalam praktik pariwisata berkelanjutan dan keunggulan statistik.

Meningkatkan posisi globalnya di sektor pariwisata, Arab Saudi telah unggul dengan memimpin G20 dalam tingkat pertumbuhan wisatawan internasional pada 2023 dibandingkan dengan 2019.

Sektor pariwisata Kerajaan Arab Saudi telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa, dengan pengeluaran masuk yang mencapai lebih dari 37 miliar dolar AS pada 2023 dan peningkatan signifikan dalam jumlah kunci hotel di seluruh wilayah Kerajaan. Pencapaian tersebut merupakan bukti komitmen Arab Saudi dalam menciptakan sektor pariwisata yang sejahtera dan berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement