Sabtu 02 Mar 2024 08:20 WIB

Ekspor Kurma Arab Saudi Meningkat 14 Persen

Jumlah negara pengimpor meningkat menjadi 119 negara.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah umroh berbelanja kurma ketika berada di Pasar kurma di Madinah, Arab Saudi , Jumat (5/5/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Jamaah umroh berbelanja kurma ketika berada di Pasar kurma di Madinah, Arab Saudi , Jumat (5/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pusat Nasional Kurma Arab Saudi (NCPD) mengumumkan pertumbuhan 14 persen yang signifikan dalam nilai ekspor kurma Saudi pada 2023. Peningkatan jumlah ekspor ini mencapai 1.462 miliar riyal saudi atau Rp 6,12 triliun dari tahun sebelumnya.

Dilansir dari Saudi Gazette, Sabtu (2/3/2024), ini menandai ekspansi yang mengesankan dalam jejak global kurma Saudi. Jumlah negara pengimpor meningkat menjadi 119 negara.

Baca Juga

Sejak 2016, total nilai ekspor, termasuk produk kurma telah melonjak 152,5 persen dari 579 juta riyal saudi menjadi 1.462 miliar riyal saudi pada 2023, menunjukkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) yang kuat sebesar 12,3 persen.

Kepala Eksekutif NCPD Mohammed Alnuwairan, mengaitkan kesuksesan ini dengan upaya gabungan kepemimpinan, produsen kurma, eksportir, dan lembaga publik. Inisiatif kolaboratif ini telah mencakup partisipasi dalam pameran lokal dan internasional, mengatur misi bisnis, merampingkan prosedur ekspor, dan terlibat dengan sektor swasta di bawah strategi kohesif untuk meningkatkan ekspor tanggal.

Pasar ekspor untuk tanggal Saudi telah melihat pertumbuhan yang luar biasa, khususnya di China. Ekspor ke China melonjak sebesar 121 persen pada 2023, dibandingkan dengan 2022. Prancis juga melihat peningkatan yang signifikan sebesar 16 persen, sementara Singapura dan Korea mengalami pertumbuhan yang substansial dengan impor masing-masing meningkat sebesar 86 persen dan 24 persen.

Yang mendasari keberhasilan ini adalah peningkatan yang signifikan dalam kualitas dan produksi produk kurma olahan, ditingkatkan oleh upaya pemasaran lokal dan internasional.

Alnuwairan menekankan tujuan ambisius NCPD, dalam kemitraan dengan sektor swasta, untuk memposisikan tanggal Saudi sebagai pilihan utama bagi konsumen di seluruh dunia. Strategi untuk mencapai tujuan ini termasuk memperluas ekspor nasional produk kurma dan kurma, meningkatkan praktik pertanian dan industri untuk kualitas yang lebih baik, menyediakan layanan pemasaran yang vital dan informasi industri, dan mendukung sektor kurma melalui berbagai inisiatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement