Senin 04 Mar 2024 23:03 WIB

Arab Saudi Berhasil Datangkan 100 Juta Wisatawan Selama 2023

Target ini tercapai tujuh tahun lebih cepat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah wisatawan mengunjungi Bukit Rumat yang berada di kaki Jabbal Uhud di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (15/7/2023). Jabbal Uhud manjadi lokasi wisata dan ziarah 70 syuhada yang syahid dan dimakamkan di kawasan itu saat perang Uhud.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Sejumlah wisatawan mengunjungi Bukit Rumat yang berada di kaki Jabbal Uhud di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (15/7/2023). Jabbal Uhud manjadi lokasi wisata dan ziarah 70 syuhada yang syahid dan dimakamkan di kawasan itu saat perang Uhud.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Pariwisata Arab Saudi merayakan tonggak penting tercapainya 100 juta wisatawan pada akhir tahun 2023. Target ini tercapai tujuh tahun lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan oleh Visi Saudi 2030.

Menteri Pariwisata Saudi Ahmed Al-Khateeb menyampaikan, pihaknya terus memfasilitasi wisatawan dari negara mana pun yang datang ke Saudi. "Kami memfasilitasi kedatangan wisatawan dari seluruh dunia ke Arab Saudi, menjangkau lebih dari 100 juta wisatawan dengan pengeluaran melebihi 250 miliar riyal Saudi," kata dia dilansir Saudi Gazette, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Al-Khateeb lebih lanjut menyatakan ambisi Kementerian yang tinggi, yang bertujuan untuk menyambut 150 juta wisatawan pada tahun 2030. Dia menekankan peran pariwisata sebagai sektor penting dalam perekonomian, pencipta lapangan kerja, dan magnet bagi investasi berkelanjutan dan wisatawan.

Lonjakan pariwisata ini mendatangkan lebih dari 106 juta pengunjung domestik dan internasional selama 2023. Ini menunjukkan peningkatan 56 persen dari tahun 2019 dan peningkatan 12 persen dari tahun 2022. Pertumbuhan ini telah secara signifikan meningkatkan pendapatan non-minyak dan penciptaan lapangan kerja.

 

Prestasi tersebut telah mendapat pengakuan internasional, dengan penghargaan dari Pariwisata PBB dan Dewan Perjalanan dan Pariwisata Dunia (WTTC), yang mengakui pesatnya perkembangan Arab Saudi di sektor pariwisata.

Perayaan yang dihadiri oleh para menteri, duta besar, investor lokal dan internasional terkemuka, serta pakar pariwisata ini menggarisbawahi kemunculan Arab Saudi sebagai tujuan pariwisata global, sejalan dengan tujuan Visi Saudi 2030 yang lebih luas.

Sektor pariwisata Kerajaan Arab Saudi telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa, dengan pengeluaran masuk yang mencapai lebih dari $37 miliar pada tahun 2023 dan peningkatan signifikan dalam jumlah kunci hotel di seluruh wilayah Kerajaan.

Pencapaian tersebut merupakan bukti komitmen Arab Saudi dalam menciptakan sektor pariwisata yang sejahtera dan berkelanjutan. Ini menunjukkan bahwa Saudi telah eningkatkan posisi globalnya di sektor pariwisata. Juga unggul dengan memimpin G20 dalam tingkat pertumbuhan wisatawan internasional pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2019.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement