Ahad 31 Mar 2024 04:34 WIB

Keagungan bagi yang Berhubungan dengan Alquran

Allah SWT berfirman bahwa Alquran adalah kitab yang mulia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Ilustrasi Alquran
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Allah SWT berfirman bahwa Alquran adalah kitab yang mulia. Karena Alquran sangat mulia, siapapun yang berhubungan dengan Alquran ikut menjadi mulia.

Dalam Alquran Surat Fussilat Ayat 41 dan 42, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

Baca Juga

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاۤءَهُمْ ۗوَاِنَّهٗ لَكِتٰبٌ عَزِيْزٌ ۙ

لَّا يَأْتِيْهِ الْبَاطِلُ مِنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهٖ ۗتَنْزِيْلٌ مِّنْ حَكِيْمٍ حَمِيْدٍ

 

Innal-lażīna kafarū biż-żikri lammā jā'ahum, wa innahū lakitābun ‘azīz(un). Lā ya'tīhil-bāṭilu mim baini yadaihi wa lā min khalfih(ī), tanzīlum min ḥakīmin ḥamīd(in).

Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Alquran ketika (Alquran) itu disampaikan kepada mereka, (pasti mereka akan celaka). Sesungguhnya (Alquran) itu adalah kitab yang mulia. Tidak ada kebatilan yang mendatanginya, baik dari depan maupun dari belakang. (Alquran itu adalah) kitab yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji. (QS Fussilat Ayat 41-42)

KH Abu Hurairah Abd Salam Lc, Wakil Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) dalam khutbah Jumatnya menyampaikan bahwa begitu sangat mulia dan agungnya Alquran sampai-sampai segala sesuatu yang berhubungan dengan Alquran ikut menjadi agung dan mulia.

Ketika Alquran diturunkan melalui perantara malaikat Jibril, maka malaikat Jibril pun menjadi “Sayyidul Malaikah” penghulu para malaikat dan diberi gelar “Arruhul Amin.”

Ketika Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau pun dinobatkan menjadi “Sayyidul Anbiyai wal Mursalin” Nabi dan Rasul terbaik.

Ketika Alquran diturunkan kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, maka mereka menjadi “Khoirul Umam” umat terbaik.

Ketika Alquran pertama kali diturunkan pada malam “Lailatul Qadar” maka malam tersebut menjadi “Khoirul Layali” bahkan disebutkan dalam Alquran “Khoirun Min Alfi Syahrin” satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan.

Ketika Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan, maka bulan ini menjadi “Sayyidus Syuhur” bulan terbaik dari seluruh bulan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

خَيُركُم مَن تَعلٌمَ القُرانَ وَعَلٌمَهَ

Artinya, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya." (HR Imam Al-Bukhari)

Maka hati manusia yang tersentuh dengan Alquran akan menjadi “Khoirun Naas” sebaik-baik manusia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement