Senin 01 Apr 2024 23:03 WIB

Wapres Berharap Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Berakhir Husnul Khatimah

Setiap periode pemerintahan, memiliki kekhasan tersendiri.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, saat silaturrahmi dan buka puasa bersama dengan awak media di Rumah Dinas Wapres di Jakarta,  Senin (1/4/2024)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, saat silaturrahmi dan buka puasa bersama dengan awak media di Rumah Dinas Wapres di Jakarta, Senin (1/4/2024)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kurang lebih tujuh bulan lagi, pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan berakhir. Wapres Ma’ruf berharap pemerintahan yang dipimpin Jokowi bersala dirinya berakhir dengan baik dan husnul khatimah. Ia berharap pencapaian yang baik dapat terus dilanjutka oleh pemerintahan berikutnya yang akan dilantik pada Oktober 2024 ini.

”Saya harap bahwa (pemerintahan) saya dan Pak Jokowi berakhir dengan husnul khotimah. Ada yang tercapai dan tidak merupakan sebuah kelaziman. Tapi karena dilanjutkan kita optimistis Indonesia ke depan bisa lebih baik lagi,” kata Ma’ruf di Rumah Dinas Wapres di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Baca Juga

Ma’ruf menjelaskan setiap periode pemerintahan, memiliki kekhasan tersendiri memerintah dan melaksanakan pembangunan bangsa. Dan ia yakin telah meletakkan pembangunan dan kemajuan bersama Presiden Joko Widodo.

Keinginannya bersama Presiden sejak awal kata Ma’ruf dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan sesuai dengan program yang dibawa pada masa kampanye. Tapi pada pelaksanaannya tidak semua dapat diwujudkan karena ada berbagai rintangan. Salah satunya seperti pandemi Covid-19 yang cukup panjang.

 

“Ada situasi mempengaruhi sehingga upaya perbaikan tidak seluruhnya apa yang kita inginkan bisa terlaksana. Tapi semua harus disesuaikan dengan keadaan,” ucap Ma’ruf.

Meski pemerintahannya bersama Jokowi akan berakhir, Ma’ruf meyakini perbaikan untuk kehidupan bangsa yang lebih baik akan terus berlanjut.

“Istilahnya melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik eecara berkelanjutan. Dan tidak harus dilakukan oleh saya sendiri atau oleh pemerintahan yang sekarang. Perbaikan harus bisa dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya,” kata Ma’ruf menambahkan. Walau nanti tidak lagi menjadi wapres, Ma’ruf mendoakan Indonesia terus tumbuh menjadi negara yang maju dan makmur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement