Jumat 19 Apr 2024 17:07 WIB

Akhlak Mulia Wajib Dimiliki Setiap Muslim

Muslim wajib miliki akhlak mulia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Akhlak mulia (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Akhlak mulia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Imam Al Ghazali bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menjelaskan bahwa umat Islam yakni Muslim wajib hukumnya memiliki akhlak mulia. 

Mengenai hal itu, Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa Anas bin Malik Radhyialahu anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pernah menyuruh kecuali berbuat kebajikan dan tidak pernah melarang kecuali berbuat hal-hal yang haram. Rasulullah SAW memperingatkan agar tidak berbuat fitnah dan mengharamkannya. 

Baca Juga

Ayat berikut menjelaskan wajibnya kaum Muslim memiliki akhlak mulia. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ 

Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil, berbuat kebajikan, dan memberikan bantuan kepada kerabat. Dia (juga) melarang perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu selalu ingat. (QS An-Nahl Ayat 90)

Allah SWT memerintahkan kaum Muslimin untuk berbuat adil dalam semua aspek kehidupan serta melaksanakan perintah Alquran, dan berbuat ihsan (keutamaan). Adil berarti mewujudkan kesamaan dan keseimbangan di antara hak dan kewajiban. Hak asasi tidak boleh dikurangi disebabkan adanya kewajiban. 

Ayat ini termasuk ayat yang sangat luas dalam pengertiannya. Ibnu Mas‘ud berkata, "Ayat paling luas lingkupnya dalam Alquran tentang kebaikan dan kejahatan ialah ayat dalam Surah An-Naḥl (yang artinya): Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan." (Riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Mas’ud dalam kitab al-Adab al-Mufrad) 

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ikrimah bahwa Nabi Muhammad SAW membacakan ayat ini kepada al-Walid. 

“Ulang kembali hai saudaraku,” kata al-Walid. 

Maka Rasulullah SAW mengulang kembali membaca ayat itu. Lalu al-Walid berkata, “Demi Allah sungguh Alquran ini memiliki kelezatan dan keindahan, di atasnya berbuah, di bawahnya berakar, dan bukanlah dia (Alquran) kata-kata manusia."  

Imam Ahmad meriwayatkan bahwa ada seorang sahabat yang semula kurang senang kepada Nabi Muhammad SAW. Sewaktu dibacakan kepadanya ayat ini oleh Rasulullah SAW, maka iman dalam jiwanya menjadi teguh dan dia menjadi sayang kepada Nabi Muhammad SAW. 

Pada ayat ini disebutkan tiga perintah dan tiga larangan. Tiga perintah itu ialah berlaku adil, berbuat kebajikan (ihsan), dan berbuat baik kepada kerabat. Sedangkan tiga larangan itu ialah berbuat keji, mungkar, dan permusuhan. (Tafsir Kementerian Agama)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement