Jumat 10 Mar 2023 18:00 WIB

155 Calon Jamaah Haji Madiun Jalani Tes Kebugaran

Tes kebugaran dilakukan dengan menggunakan metode rockpot.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah Calon Jamaah Haji (CJH) mengikuti tes kebugaran jasmani. 155 Calon Jamaah Haji Madiun Jalani Tes Kebugaran
Foto: Antara/Rahmad
Sejumlah Calon Jamaah Haji (CJH) mengikuti tes kebugaran jasmani. 155 Calon Jamaah Haji Madiun Jalani Tes Kebugaran

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Sebanyak 155 calon jamaah haji dari Kota Madiun, Jawa Timur menjalani tes kebugaran yang digelar Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) setempat di Lapangan Asrama Haji Kota Madiun.

Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun Denik Wuryani mengatakan tes kebugaran sebagai rangkaian persiapan keberangkatan mereka untuk menjalani ibadah haji 1444 H/2023.

Baca Juga

"Kita lakukan pengecekan hari ini. Dari sini akan ketahuan kebugaraan calon jamaah haji seperti apa," ujar dia, Jumat (10/3/2023).

Dia menjelaskan tes kebugaran dilakukan dengan menggunakan metode rockpot, yakni para calon haji berjalan atau berlari sejauh 1,6 Km atau empat kali mengelilingi lokasi Asrama Haji. Lalu, jamaah diberikan istirahat sembilan hingga 10 menit dan diukur kembali nadinya.

 

Selain melihat kebugaran, kata dia, pengecekan tersebut juga sebagai upaya untuk mengetahui kesehatan calon jamaah haji. Setelah diketahui kondisi kesehatannya, Dinkes akan memberikan rekomendasi yang sesuai untuk masing-masing calon haji.

Jika ada yang sakit, akan segera dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan, sehingga ketika berangkat ke Tanah Suci, semuanya sudah sehat dan bisa mengikuti kegiatan ibadah dengan optimal.

"Kita harapkan ke depan kesehatan calon jamaah haji kita baik-baik saja. Mereka kami berikan penyuluhan agar ke depan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dengan tetap berolahraga minimal berjalan kaki," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement