Selasa 21 Mar 2023 09:27 WIB

India Tambah Titik Embarkasi Haji Menjadi 25

Jumlah akhir titik embarkasi akan bergantung pada jumlah minimum penumpang.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023). India Tambah Titik Embarkasi Haji Menjadi 25
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023). India Tambah Titik Embarkasi Haji Menjadi 25

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pemerintah India telah menyetujui penambahan empat titik keberangkatan bagi calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini. Penambahan tersebut, dua di antaranya di negara bagian Kerala selatan sehingga totalnya menjadi 25.

Calon jamaah haji dari kota-kota kecil harus menggunakan titik pusat seperti Delhi atau Mumbai untuk terbang ke Arab Saudi. Ini berimbas pada penambahan biaya perjalanan untuk menuju embarkasi di pusat kota tersebut.

Baca Juga

Kementerian Urusan Minoritas India telah menyetujui penambahan empat embarkasi lagi, yakni di Kannur dan Kalikut di Kerala selatan, Vijayawada di negara tetangga Andhra Pradesh, dan Agartala di negara bagian Tripura timur laut.

“Jumlah akhir titik embarkasi akan bergantung pada jumlah minimum penumpang tertentu yang memilih bandara dan kelayakan penyiapan infrastruktur terkait,” kata kementerian, dilansir dari The National, Selasa (21/3/2023).

Keputusan terbaru ini diambil setelah berkonsultasi dengan kelompok Muslim termasuk komite haji negara. “Selama interaksi, permintaan untuk lebih banyak titik embarkasi diterima dan kesulitan yang dihadapi jamaah karena lebih sedikit titik embarkasi dibahas,” kata kementerian tersebut.

“Setelah menganalisis semua masukan dan konsultasi dengan pemangku kepentingan, kementerian telah menawarkan 25 bandara sebagai bagian dari menu opsi yang harus dilakukan jamaah haji 2023,” katanya.

Titik embarkasi lainnya termasuk Srinagar di Kashmir dan Chennai di Tamil Nadu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement