Kamis 04 May 2023 19:59 WIB

Enver Beganovic Tiba di Irak dengan Berjalan Kaki untuk Haji

Enver Beganovic ingin menunaikan ibadah haji tahun ini.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Enver Beganovic Tiba di Irak dengan Berjalan Kaki untuk Haji. Foto: Muslim Bosnia Berusia 52 Tahun Naik Haji Berjalan Kaki ke Makkah
Foto: About Islam
Enver Beganovic Tiba di Irak dengan Berjalan Kaki untuk Haji. Foto: Muslim Bosnia Berusia 52 Tahun Naik Haji Berjalan Kaki ke Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslim asal Bosnia Enver Beganovic telah sampai Irak sejak perjalanannya dari Austria menuju Makkah. Beganovic menempuh jarak ribuan kilometer untuk memenuhi panggilan Allah dalam berhaji.

Dilansir di About Islam, Selasa (2/5/2023), Beganovic telah sampai Irak usai berangkat dalam perjalanan sejauh 6.600 kilometer ke Makkah. Beganovic yang berjalan kaki dari Cazinhas itu telah mencapai Kirkuk di Irak, dalam perjalanan seumur hidupnya untuk menunaikan haji, rukun Islam kelima.

Baca Juga

Selangkah demi selangkah, Beganovic yang berusia 52 tahun telah menempuh jarak ribuan kilometer, melintasi 10 negara sejak ia berangkat pada 18 November dari Wels, Austria. Dia membawa bendera setiap negara di punggungnya. Dia telah melintasi Slovakia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kosovo, Makedonia, Yunani dan Turki sejak dia memulai perjalanannya dari Austria.

“Saya tidak menemui masalah selama menempuh jarak ribuan kilometer. Sebaliknya, saya menerima bantuan dan dukungan dari orang-orang di luar dugaan saya,” kata dia.

Beganovic yang merupakan seorang atlet judo yang sudah tinggal di Austria selama 28 tahun ini mengaku memutuskan pergi haji dengan berjalan kaki karena dulunya sebagai atlet ia biasa berjalan jauh. Dia menambahkan bahwa dia ingin meraih pahala lebih besar dengan berjalan kaki ribuan kilometer.

"Almarhum ayah dan ibu saya mewariskan kepada kami untuk tidak menyimpang dari agama kalian,” katanya,

Dia menambahkan bahwa ia telah berjalan berbulan-bulan untuk mencapai tanah suci dan tidak pernah lelah. Sebagaimana diketahui, ibadah haji adalah perjalanan seumur hidup yang dicita-citakan banyak umat Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement