Senin 15 May 2023 09:18 WIB

4.892 Calon Jamaah Haji Riau Sudah Lunasi BPIH

155 calon jamaah haji Riau tak melakukan pelunasan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
 4.892 Calon Jamaah Haji Riau Sudah Lunasi BPIH. Foto:  Ilustrasi ibadah haji.
Foto: republika/mardiah
4.892 Calon Jamaah Haji Riau Sudah Lunasi BPIH. Foto: Ilustrasi ibadah haji.

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU-- Kepala Kantor Kemenag Riau, Mahyuddin, mengatakan batas akhir pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) resmi ditutup, Jumat (12/5/2023) kemarin. Mereka mencatat jumlah jamaah calon haji (JCH) Riau yang sudah melunasi pembayaran biaya haji hingga batas akhir waktu pelunasan totalnya sebanyak 4.892 orang.

Menurut Mahyudin, jika dilihat dari jumlah kuota haji yang diberikan untuk Provinsi Riau pada tahun ini sebanyak 5.047 orang, maka tersisa sebanyak 155 calon jamaah haji lagi yang belum melunasi biaya haji.

Baca Juga

"Sampai batas akhir pelunasan, jumlah jamaah calon haji yang sudah melunasi sebanyak 4.892 orang, ditambah petugas 68 orang. Jadi totalnya ada 4.960 orang calon jamaah haji dan petugas haji yang sudah melunasi biaya haji dah siap untuk diberangkatkan pada musim haji tahun ini," kata Mahyuddin, Ahad(14/5/2023).

Mahyudin menambahkan pihaknya sudah menyiapkan jamaah calon haji cadangan yang disiapkan untuk mengisi kekosongan akibat adanya CJH reguler yang tidak melunasi biaya haji hingga batas akhir pembayaran.

 

Total JCH cadangan yang disiapan untuk tahap kedua ini sebanyak 252 orang.

Mahyudin menegaskan, JCH cadangan ini diambil dari nomor porsi urutan paling atas untuk keberangkatan tahun depan.

Sehingga tidak akan ada jamaah lain yang dirugikan. Sebab semakin banyak jamaah cadangan yang diberangkatkan tahun ini, maka nomor porsi yang akan berangkat tahun depan juga akan naik.

"Milsalnya tahun ini cadangan ada 10 orang, yang dipanggil 5 orang, berarti yang nomor 6 tahun depan naik jadi nomor 1. Jadi tak ada jamaah lain yang terganggu dan dirugikan," ujar Mahyudin.

Sesuai jadwal, JCH yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 Riau akan mulai masuk ke asrama haji pada tanggal 23 Mei 2023 mendatang. Kemudian esoknya, 24 Mei 2023 JCH Riau kloter pertama akan diberangkatkan ke Arab Saudi melalui bandara internationl Hang Nadim Batam.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement