Senin 22 May 2023 04:34 WIB

Berkah Haji Buat UMKM

UMKM penjual oleh-oleh haji mengalami peningkatan penjualan.

Ilustrasi jamaah haji.
Foto: ANTARA/Feny Selly
Ilustrasi jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan perlengkapan haji di Kota Medan, Sumatera Utara mengalami peningkatan menjelang musim haji 2023.

Salah seorang pedagang perlengkapan haji, Agus Salim, di Medan, Ahad, mengaku peningkatan penjualan perlengkapan haji tahun ini mencapai 45 persen.

Baca Juga

"Alhamdulillah, penjualan meningkat. Jika dibandingkan tahun lalu, naik hingga 45 persen, rata-ratanya segitu," ujarnya.

Pria yang berjualan di Pasar Ikan Lama Jalan Perniagaan Kota Medan ini menjelaskan, pembeli tidak hanya warga Kota Medan, tetapi juga dari Banda Aceh, Lhokseumawe, Pekanbaru, Langkat, Gunung Tua dan sejumlah daerah lainnya.

 

"Di sini kita menjual cukup lengkap seperti kain ihram, ikat pinggang haji, handuk, sarung, sepatu dan lain-lain. Rata-rata harganya mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Muklis. Pedagang yang sudah 15 tahun berjualan perlengkapan haji ini juga mengaku mendapati penjualan yang meningkat tahun ini.

"Iya, menjelang musim haji tahun ini banyak calon jamaah haji yang mencari perlengkapan ibadah haji," ujarnya.

Muklis menyebut perlengkapan haji yang paling banyak dicari yakni kaos, celana bargo-bargo, kerudung besar, kaos kaki serta pakaian dalam.

"Cuma tahun ini ada kenaikan harga di beberapa barang, seperti pakaian dalam atau kaos oblong yang kemarin kita jual Rp20.000 sekarang kita jual Rp30.000," katanya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement