Kamis 25 May 2023 15:28 WIB

Tim Layanan Lansia Tempel Imbauan Peduli Lansia di Hotel

Jumlah jamaah haji lansia dari Indonesia mencapai lebih dari 60 ribu orang.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Marsina Markim Thohir, 78 tahun, bersama petugas layanan jamaah lansia saat berada di Hotel Abraj Tabaj, Madinah. Tim Layanan Lansia Tempel Imbauan Peduli Lansia di Hotel
Foto: Republika/Agung Sasongko
Marsina Markim Thohir, 78 tahun, bersama petugas layanan jamaah lansia saat berada di Hotel Abraj Tabaj, Madinah. Tim Layanan Lansia Tempel Imbauan Peduli Lansia di Hotel

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Jurnalis Republika.co.id Agung Sasongko dari Madinah, Arab Saudi

JAKARTA --  Layanan haji lansia menyiapkan stiker promosi kesehatan guna mengingatkan kepada jamaah dan petugas pentingnya memberikan perhatian lebih kepada jamaah lanjut usia (lansia).

Baca Juga

Apalagi ada sebagian jamaah lansia ini memiliki kebutuhan khusus seperti bantuan kursi roda dan penyakit bawaan seperti jantung dan lainnya.

"Dari setiap kloter yang sudah tiba terdapat 50-100 orang lansia, sebagian di antaranya memiliki kebutuhan khusus sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih," kata Kasi Layanan Jamaah Lansia Arief Narrawi, Kamis (25/5/2023).

Perhatian itu, kata dia, dimulai dari penempelan stiker imbauan dengan 11 contoh yang nantinya akan ditempel di seluruh hotel yang ditempati oleh jamaah haji Indonesia.

"Harapannya jamaah baik yang non-lansia dan lansia, termasuk masyarakat umum bahwa Pemerintah Indonesia menaruh perhatian terhadap lansia," kata dia.

Dari contoh yang diberikan, stiker tersebut banyak berisi simbol-simbol kepedulian terhadap lansia, seperti kursi roda. Ada juga tulisan seperti "Sayangi Lansia" dan "Peduli Lansia".

Seperti diketahui, jumlah jamaah lansia dari Indonesia mencapai 60 ribu lebih. Kementerian Agama menyiapkan layanan khusus untuk jamaah haji Indonesia yang terkategori lansia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement