Senin 29 May 2023 13:06 WIB

Pesan untuk Jamaah Haji Lagos

Musim Lagos akan mengikuti penyelenggaraan haji tahun ini.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Pesan untuk Jamaah Haji Lagos. Foto: Haji (ilustrasi).
Foto: Reuters
Pesan untuk Jamaah Haji Lagos. Foto: Haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,LAGOS -- Setiap Muslim di seluruh dunia tahun ini yang beruntung akan segera menunaikan ibadah haji di Arab Saudi. Sebagai bentuk persiapan, Wakil Gubernur Negara Bagian Lagos Dr Obafemi Hamzat, mengimbau agar mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kerajaan Arab Saudi selama beribadah.

Imbauan ini ia sampaikan dalam kegiatan seminar satu hari untuk calon jamaah haji 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Kesejahteraan Jamaah Muslim Negara Bagian Lagos, Nigeria, yang diadakan di Agidingbi, Ikeja.

Baca Juga

“Tahun lalu, 384 orang Muslim yang pergi haji ditahan di Arab Saudi, karena berbagai tindak pidana. Inilah sebabnya mengapa kami menyarankan jamaah untuk mengikuti semua aturan dan peraturan haji yang ditetapkan," ujar dia dikutip di Punch Nigeria, Senin (29/5/2023).

Ia mengimbau jamaah agar menghindari perdagangan narkoba. Tidak hanya itu, bagi siapapun yang membawa uang lebih dari 60.000 riyal harus memastikan melaporkannya di bagian kepabeanan untuk menghindari penangkapan.

Hamzat juga menyebut kegiatan seminar ini dilakukan utnuk mempersiapkan calon jamaah haji tentang adab yang benar. "Apa yang akan dilakukan di sana bukanlah lelucon. Kita perlu berdoa untuk negara kita dan juga Presiden terpilih kita, Asiwaju Bola Tinubu, agar Nigeria makmur selama pemerintahannya," lanjut dia.

Turut hadir pada acara tersebut adalah Ketua LSMPWB Shakiru Abdul-Gafar. Ia mengatakan ibadah haji merupakan bentuk ketundukan seorang umat kepada Allah SWT selaku tuhan semesta alam.

"Kami menyelenggarakan acara untuk memberdayakan jamaah haji dengan semua informasi yang diperlukan dari berbagai badan-badan Pemerintah Federal, agar tidak bertentangan dengan hukum Nigeria dan Saudi," ucap dia.

Dalam ceramahnya, seorang profesor Studi Bahasa Arab di Universitas Negeri Lagos, Qudus Amuni, menyarankan para calon jamaah untuk fokus pada tujuan spiritual dari tempat-tempat ziarah seperti Madinah, Badar, Uhud, dan lain-lain.  

Sumber:

https://punchng.com/obey-hajj-rules-lagos-urges-pilgrims/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement