Selasa 30 May 2023 09:34 WIB

Jangan Egois, Jamaah Haji Harus Selalu Kompak

Jamaah haji harus selalu menjaga kesehatan.

Ilustrasi jamaah haji melakukan tawaf.
Foto: undefined
Ilustrasi jamaah haji melakukan tawaf.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengingatkan agar jamaah haji selalu menjaga kekompakan saat menjalani ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan Madinah, Arab Saudi.

"Saling membantu, saling menjaga, saling mengingatkan, moga semua selalu sehat, berangkat selamat pulang selamat, semoga menjadi haji yang mabrur," ujar gubernur saat melepas keberangkatan kloter 1 JCH Embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji di Kota Banjarbaru, Senin (30/5/2023).

Baca Juga

Gubernur juga mengingatkan agar jamaah haji menjaga kesehatan di saat cuaca panas ekstrem di Arab Saudi saat ini.

Gubernur mengharapkan semua haji, khususnya Kalsel agar menaati semua peraturan di sana dan mengikuti bimbingan petugas haji agar semua proses pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan tertib.

Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan hari ini sekitar pukul 16.30 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi, JCH dari Kabupaten Banjar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Dr H Muhammad Tambrin mengatakan kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan sebanyak 328 orang, termasuk petugas haji.

Untuk jumlah keseluruhan kloter yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak 17 kloter, sejak 28 Mei masuk asrama haji hingga 22 Juni 2023.

Sebanyak 17 kloter pada tahun 2023, adalah jamaah haji dari Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).Jumlah jamaah haji yang diberangkatkan dari dua provinsi tersebut sebanyak 5.430 orang, dengan rincian Kalsel sebanyak 3.818 orang dan Kalteng sebanyak 1.590 orang.

Untuk jamaah haji Kalsel yang berusia di atas 82 tahun atau jamaah lanjut usia sebanyak 191 orang. "Tahun ini jamaah haji tertua berusia 99 tahun dari Kota Banjarbaru dan termuda berusia 18 tahun dari Kota Banjarmasin," kata kata Tambrin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement