Selasa 30 May 2023 11:18 WIB

Maqam Ibrahim di Masjidil Haram Tempat Nabi Ibrahim Dikubur?

Maqam Ibrahim merupakan bagian dari sejarah Ka'bah.

Maqam Ibrahim
Foto: madaniwallpaper.com
Maqam Ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Siapa pun yang mengunjungi Masjidil Haram akan menemukan makam Ibrahim beberapa meter di dekat Ka’bah. Apakah itu tempat Nabi Ibrahim dikubur?

Kita kembali ke cerita Nabi Ibrahim. Setelah Sarah diselamatkan Allah dari penguasa pezina, Sarah dan Ibrahim mendapatkan wanita bangsawan bernama Hajar. Sarah pun mengikhlaskan Ibrahim untuk menikahi Hajar.

Baca Juga

Setelah itu, Allah memerintahkan Ibrahim membawa Hajar bersama Ismail yang masih bayi ke Hijaz. Hajar sampai bertanya kepada Ibrahim, benarkah Allah memerintahkan Ibrahim membawa Hajar dan Ismail ke Hijaz. Kemudian harus meninggalkan keduanya di sana. Ibrahim mengiyakan.

Beranjak dewasa, Ismail menjadi pria yang kuat. Bersama Ibrahim, keduanya membangun Ka’bah. Nah, tempat Nabi Ibrahim berdiri membangun Ka’bah disebut dengan maqam Ibrahim. Posisinya puluhan meter berada di dekat Ka’bah. Tempat Ka’bah saat ini diprediksi sudah bergeser dari posisi sebelumnya.

Dari sini kita mengetahui bahwa tempat yang ditandai di dalamnya terdapat jejak sepasang kaki, bukanlah tempat Nabi Ibrahim dikuburkan. 

Lihat halaman berikutnya 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement