Kamis 01 Jun 2023 18:29 WIB

Jamaah Haji Merupakan Agen Perubahan di Daerah Masing-Masing

Ibadah haji membawa perubahan individu dan komunitas.

Ilustrasi jamaah haji.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Ilustrasi jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Bupati Manokwari Hermus Indou melepas 175 jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci menuju ke Embarkasi Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam acara pelepasan jamaah haji yang berlangsung di Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis siang, Bupati mendoakan jamaah bisa menjalani seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan pulang ke Manokwari dalam keadaan selamat dan sehat.

Baca Juga

"Pemerintah sangat mengharapkan petugas haji dan pimpinan rombongan bisa membantu para haji," kata Hermus.

Bupati juga berpesan kepada jamaah haji asal Manokwari agar menjaga kesehatan, saling membantu, dan mematuhi aturan yang berlaku di Tanah Suci.

Selain itu, dia mengingatkan jamaah haji untuk bersyukur karena berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun ini.

"Kita ketahui bersama bahwa untuk berangkat haji harus menunggu sekian lama," kata Hermus selaku Koordinator Penyelenggaraan Ibadah Haji Tingkat Kabupaten Manokwari.

Berdasarkan data Kantor Kementerian Agama, hingga Mei 2023 ada 2.600 warga Muslim yang antre untuk menunaikan ibadah haji di Kabupaten Manokwari. Sedangkan kuota jamaah haji untuk Kabupaten Manokwari setiap tahun hanya kurang lebih 175 orang.

Bupati berharap warga Muslim yang berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini sepulang dari Tanah Suci bisa menjadi teladan dalam kebaikan bagi anggota masyarakat yang lain.

"Pulang dari Tanah Suci, level imannya sudah lebih tinggi, maka harus bisa jadi contoh ke masyarakat lainnya," kata Hermus.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari Saul Nauw menjelaskan bahwa Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dijadwalkan melepas jamaah haji asal Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya menuju ke Embarkasi Makassar pada Ahad siang (4/6).

"Hari Ahad (4/6) jamaah berangkat dari Manokwari ke Makassar menggunakan pesawat," kata Saul.

Menurut dia, jamaah haji asal Manokwari dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Makassar pada 5 Juni 2023 pukul 08.00 WIT dan berangkat dari Embarkasi Makassar ke Arab Saudi pada 6 Juni 2023.

Setelah pelaksanaan ibadah haji, ia melanjutkan, jamaah haji asal Manokwari dijadwalkan tiba di Debarkasi Makassar pada 19 Juli 2023 dan diterbangkan ke Manokwari pada hari berikutnya.

Saulmenjelaskan bahwa di antara 175 haji asal Manokwari ada delapan orang yang berusia lanjut, yang paling tua berusia 92 tahun. "Haji termuda usianya 24 tahun," katanya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement