Kamis 01 Jun 2023 20:57 WIB

Jamaah Diminta Persiapkan Diri Lima Jam Sebelum Berangkat ke Makkah

Jamaah di Madinah mulai didorong menuju Makkah

Jamaah haji kloter 1 Solo (SOC-1) bersiap untuk berangkat menuju Makkah di Hotel Abraj Tabah, Kamis (2/6/2023). Dijadwalkan ada lima kloter yang diberangkatkan pada hari ini.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Jamaah haji kloter 1 Solo (SOC-1) bersiap untuk berangkat menuju Makkah di Hotel Abraj Tabah, Kamis (2/6/2023). Dijadwalkan ada lima kloter yang diberangkatkan pada hari ini.

Oleh : Agung Sasongko, reporter Republika TV dari Madinah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH –  Jamaah haji Indonesia rombongan kloter 1 Solo (SOC-1) dijadwalkan berangkat menuju Bir Ali untuk mengambil miqat sebelum diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umroh tamattu. Keberangkatan jamaah dijadwalkan pada pukul 14.00 waktu Arab Saudi (WAS). 

Kasi Layanan Akomodasi Daker Madinah, Ali Machzumi, menjelaskan rombongan sudah diimbau untuk mempersiapkan diri selama lima jam sebelum jadwal keberangkatan. 

Baca Juga

Melalui imbauan ini diharapkan jamaah dapat leluasa untuk merapihkan barang bawaan ke dalam koper untuk kemudian dimasukan ke dalam bus yang disiapkan.

"Jamaah juga diimbau untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari hotel sehingga selesai Arbain terakhir sudah bisa diberangkatkan," kata dia.

 

Dari pantauan Republika.co.id, koper jamaah sudah mulai dimasukkan ke dalam bus sesuai dengan rombongan masing-masing. Sementara, jamaah mulai menuju masjid untuk melaksanakan sholat Arbain terakhir. Terlihat petugas mengatur alur koper sehingga sesuai dengan urutan rombongan.

Gelombang pertama jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah dijadwalkan pada 1 Juni mendatang. Keberangkatan dibagi dua waktu keberangkatan, yakni pada pukul 14.00 waktu Arab Saudi (WAS) ada tiga kloter dan pukul 16.00 WAS ada dua kloter.

Ada Lima kloter yang diberangkatkan dengan jumlah 1.899 jamaah dari Jakarta-Pondok Gede (JKG-1), Aceh (BTJ-1) Makassar (UPG-1), Solo (SOC-1), dan BTA (Batam-1). 

Tiba di Bir Ali, para petugas akan mengingatkan jamaah untuk melakukan ihram atau melaksanakan niat umrohnya.

Termasuk mengingatkan dan mengarahkan jamaah dan ketua rombongan agar mengetahui posisi parkir bus dan di mana pintu masuk ke Bir Ali untuk jamaah laki-laki dan perempuan.

"Mengingatkan jamaah di mana pintu masuk tempat berwudhu yakni, pintu 1-5 untuk jamaah laki-laki dan pintu 6-7 untuk jamaah perempuan," kata Ali.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement