Sabtu 03 Jun 2023 23:36 WIB

Kunjungi Raudhah, Menko PMK Doakan Pelaksanaan Haji Berjalan Lancar

Menko Muhadjir menilai pelaksanaan pelayanan jamaah berjalan baik

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Raudhah  di sela kunjungannya melihat kesiapan petugas dan fasilitas pelayanan jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah, Sabtu (3/6/2023).
Foto: Dok mch 2023
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Raudhah di sela kunjungannya melihat kesiapan petugas dan fasilitas pelayanan jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah, Sabtu (3/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Raudhah di sela kunjungannya melihat kesiapan petugas dan fasilitas pelayanan jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah, Sabtu (3/6/2023). 

Usai melaksanakan sholat, Muhadjir Effendy bersama rombongan dan jemaah haji Indonesia masuk ke Raudhah. Di Raudhah, Muhadjir duduk di sebelah makam Nabi Muhammad SAW. 

"Saya sudah ke Raudhah," ucapnya. 

Di Raudhah, Muhadjir Effendy mengaku memanjatkan doa-doa yang umum dibaca. Termasuk mendoakan agar haji berjalan lancar. 

 

"Biar sehat diberi kekuatan, mengabdi kepada bangsa dan negara ini. Doanya yang umum-umum saja jangan yang khusus, kalau khusus semuanya minta khusus. Iya haji lancar insyaalloh," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga menilai pelayanan jamaah haji Indonesia saat ini lebih baik. Muhadjir mengaku telah mengunjungi jemaah haji asal Makassar yang berjumlah sekitar 390 jemaah. 

"Berdasarkan penjelasan dari para jmaah yang saya wawancarai tadi, kondisi dan pelayanannya cukup bagus pelayanannya. Cukup nyamanlah untuk saat ini dibanding dengan saya haji dan ini kondisinya jauh lebih baik," ujarnya.

Sebelum mengunjungi Raudhah, Muhadjir Effendy bersama dengan Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin dan Sekretaris Daker Madinah Abdillah, serta Kepala Sektor Khusus (Kaseksus) Nabawi Jasaruddin melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah terlebih dahulu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement