Ahad 04 Jun 2023 11:25 WIB

Jamaah Haji Curhat ke Menteri Muhadjir Effendy, ini Isi Curhatannya

Jamaah haji berdialog dengan Menteri Muhadjir Effendy

Rep: Agung Sasongko/ Red: Erdy Nasrul
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Raudhah  di sela kunjungannya melihat kesiapan petugas dan fasilitas pelayanan jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah, Sabtu (3/6/2023).
Foto: Dok mch 2023
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Raudhah di sela kunjungannya melihat kesiapan petugas dan fasilitas pelayanan jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah, Sabtu (3/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kehadiran Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di  salah satu pemondokan, Hotel Front Tiba Madinah, Sabtu (03/05/2023), disambut gembira jamaah. Mereka berebut foto bareng hingga curhat persoalan makanan selama di Madinah.

Salah satunya Ruslan (98), jamaah tertua asal Blitar, curhat soal makanan yang ia makan selama berada di Madinah dengan pria kelahiran Madiun itu. Awalnya, Muhadjir menanyakan kepada Ruslan, berapa kali ia makan dalam satu hari sejak berada di Madinah menjalankan ibadah arba'in. Ia menyebut hanya dua kali.

Baca Juga

"Ping kalih mawon ya sampun cukup. Wadahe niki boten muat (dua kali saja sudah cukup. Perutnya ini sudah tidak bisa nampung)," jawabnya, disambut gelak tawa jmaah lain yang melihatnya.

"Ping sekawan ya angsal, Pak (Empat kali juga boleh, Pak)," timpal Muhadjir, disambut riuh gembira jamaah.

Kepada pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu, Ruslan juga menceritakan kebiasaannya di kampung makan lauk sayur pepaya. "Kulo kui wong kampung, Pak. Biasa ya dahar lauk jangan kates (Saya ini orang kampung, Pak. Biasa makan lauk sayur pepaya)," curhatnya.

Ruslan mengaku puas dengan makanan yang ia dapatkan selama di Madinah. Hampir setiap hari, katanya makan daging ayam. Pria lulusan IAIN Malang itu kemudian menimpalinya kembali, "Lebih suka makan lauk ayam apa sayur pepaya, Pak,"

"Yo opo mawon, Pak. Perute wong kampung kui ya nopo mawon mlebu (Ya apa saja, Pak. Perut orang kampung itu ap saja masuk)," katanya kembali disambut gelak tawa jemaah lantai 1 hotel Front Tiba, Madinah.

Meski Ruslan merupakan jamaah tertua dari Madiun, Ruslan terlihat kuat dan sehat. Disebut oleh salah seorang jemaah, ia selalu naik tangga saat akan ke kamar di lantai 9, tidak naik lift.

"Masya Allah. Sehat terus ya, Pak. Semoga menjadi haji mabrur," respon Muhadjir mendengar kebiasaan Ruslan naik tangga selama di hotel.

Muhadjir meminta kepada Ruslan dan jamaah lansia lainnya untuk tidak memforsir ibadah-ibadah sunah, karena masih ada ibadah yang rukun dan wajib. "Banyak-banyak istirahat, ya, Pak, Bu. Jangan banyak memaksakan yang sunah. Haji itu yang penting di 'Arafah. Semoga semuanya menjadi haji mabrur," tutup Muhadjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement