Ahad 11 Jun 2023 21:01 WIB

Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 2023

Kain kiswah juga dinaikkan untuk mencegah praktik ibadah yang salah.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 2023. Foto:   Kiswah
Foto: Dok Istimewa
Kiswah Ka'bah Dinaikkan Menyusul Persiapan Haji 2023. Foto: Kiswah

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, telah menaikkan kiswah Ka’bah sekitar tiga meter dan area di bawahnya telah ditutupi dengan kain katun putih. Ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan Kerajaan dalam mempersipakan musim haji. 

Dilansir dari Arab News, pada Ahad (11/6/2023), ini prosedur yang sama diulang setiap tahun sebelum musim haji untuk melindungi kiswah, karena beberapa peziarah menyentuhnya saat mengitari Ka'bah. Presiden Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Dr. Abdulrahman Al-Sudais juga hadir saat kiswah dinaikkan.

Baca Juga

Asisten presiden jenderal untuk urusan Kompleks Raja Abdulaziz untuk Ka'bah Suci Kiswa, pameran, teknik, teknis, dan urusan operasional, Sultan Al-Qurashi, mengatakan bahwa menaikkan bagian bawah kiswah berfungsi untuk menjaga kebersihan dan (integritas) dan mencegah gangguan.

“Kain kiswah juga dinaikkan untuk mencegah praktik beberapa peziarah berdasarkan kepercayaan yang salah,” ujar Al-Qurashi.

Setiap tahun, pada hari kesembilan bulan Islam Dul Hijjah, kain sutra hitam dilepas dan kiswah baru disampirkan di tempatnya.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2319271/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement