Sabtu 17 Jun 2023 23:57 WIB

Tips Terus Sehat Selama Ibadah Haji, Pakar Sarankan Jaga Imun Tubuh

Menjaga imun tubuh sangat penting untuk jamaah haji

Rep: Ronggo Astungkoro / Red: Nashih Nashrullah
Petugas membantu jamaah calon haji dari kloter kuota tambahan embarkasi Balikpapan 21 (BPN 21) setibanya di salah satu hotel Sektor 3 di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (16/6/2023). Sebanyak 277 jamaah calon haji kloter tambahan tiba perdana di Mekah setelah menginap semalam di Madinah.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Petugas membantu jamaah calon haji dari kloter kuota tambahan embarkasi Balikpapan 21 (BPN 21) setibanya di salah satu hotel Sektor 3 di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (16/6/2023). Sebanyak 277 jamaah calon haji kloter tambahan tiba perdana di Mekah setelah menginap semalam di Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 229 ribu jamaah haji Indonesia akan melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi selama 42 hari. Dalam melaksanakan ibadah di Tanah Suci, salah satu persiapan penting adalah menjaga stamina dan daya tahan tubuh tetap tinggi agar jamaah tetap sehat.

"Kita tahu kalau kita naik haji ke Tanah Suci medannya berat. Karena itu kita butuh sistem imun yang kuat agar tidak terkena penyakit. Risiko kesehatan banyak sekali, banyak jamaah haji lansia terkena penyakit lain karena rata-rata memang sudah punya komorbid," ujar Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Iris Rengganis dalam keterangannya, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga

Dengan menjaga daya tahan tubuh, kata dia, jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih baik dan sehat. Upaya yang dapat dilakukan berupa tidur cukup, makan makanan bergizi, dan mengonsumsi vitamin yang cukup. Iris menyarankan agar jamaah haji berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan produk-produk kesehatan tertentu. 

“Dan juga kita bisa menambahkan imunomodulator. Itulah yang akan memperkuat imun tubuh kita. Kalau imunomodulator salah satunya pilihan kita yang dibuat dari tanaman phyllanthus niruri atau meniran hijau yang bisa meningkatkan sistem imun," tutur Iris.

Pada kesempatan yang sama, Marketing & Sales Director CHD PT Dexa Medica Maret Yudianto mengaku sepakat tentang perlunya menyiapkan daya tahan tubuh selama ibadah haji. Guna mendukung pelaksanaan ibadah haji, pihaknya pun memberikan donasi produk Stimuno pada jamaah di empat titik embarkasi di Indonesia. 

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, pihaknya memberikan produk imunomodulator itu kepada jamaah haji embarkasi Pulau Jawa. Di mana, produk itu berperan menjaga imun tubuh dan telah diuji secara klinik untuk beragam penyakit bagi konsumen dewasa dan anak-anak. Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang dikembangkan dari meniran hijau, nama lain phyllanthus niruri, itu juga pernah diuji untuk menjaga daya tahan tubuh jamaah Haji.

"Produk ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh jamaah haji, sehingga mereka lebih tahan terhadap penyakit dan infeksi selama menunaikan ibadah haji," jelas dia.

Baca juga: Mengapa Tuyul Bisa Leluasa Masuk Rumah? Ini Beberapa Penyebabnya

Head of Marketing CHD PT Dexa Medica Irene Dwi Sari menambahkan, imunomodulator yang dikembangkan dari tanaman meniran hijau telah teruji klinis meningkatkan sistem imun spesifik dan non-spesifik. Di samping itu, phyllanthus niruri memiliki efek imunomodulator yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Penelitian yang dilakukan terhadap ratusan jamaah haji pria maupun wanita, mengonsumsi phyllanthus niruri terbukti dapat menurunkan kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sebesar 17,3 persen dibandingkan dengan multivitamin.

"Sementara itu, jika dikombinasikan dengan multivitamin tingkat keefektifan bisa mencapai 36,2 persen. Penelitian dilakukan selama 40 hari pada jamaah haji berusia 18-65 tahun dengan kriteria dan pemantauan secara ketat," kata Iris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement