Jumat 23 Jun 2023 14:53 WIB

Masjid Nabawi Disuplai 400 Ton Air Zamzam Setiap Hari

Air Zamzam berasal dari mata air yang ditemukan oleh Hajar dan Nabi Ismail.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi air minum di Masjid Nabawi (di luar masjid bukan zamzam) dan di dalam masjid (air zamzam).
Foto: Republika/Agung Sasongko
Ilustrasi air minum di Masjid Nabawi (di luar masjid bukan zamzam) dan di dalam masjid (air zamzam).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Masjid Nabawi di Madinah disuplai hingga 400 ton air zamzam setiap hari selama musim haji. Air zamzam tersebut untuk memenuhi kebutuhan para jamaah selama melakukan ritual haji.

Dilansir dari Arab News, Jumat (23/6/2023), air zamzam dituangkan ke dalam 10 ribu wadah kontainer yang tersedia di sekitar masjid dan 5.000 kontainer tambahan yang digunakan jika diperlukan.

Baca Juga

Adapun 530 karyawan dan pengawas terlibat dalam mengisi kontainer dan memindahkannya ke tempat yang ditentukan di masjid, di atapnya, dan di halamannya.

Tujuh lokasi di masjid dirancang untuk mengisi wadah dan tiga area digunakan untuk mendinginkan botol air zamzam sekali pakai, 80 ribu di antaranya didistribusikan setiap hari.

Pemerintah Arab Saudi menyebutkan, lebih dari 1,5 juta jamaah telah tiba di Baitullah untuk persiapan melaksanakan haji. Para jamaah tersebut berdatangan dari berbagai penjuruh dunia.

Sebagian menggunakan pesawat terbang, sebagian dari jalur darat dan ada juga yang melalui pelabuhan.

Ini merupakan haji pertama setelah dua tahun lamanya ditangguhkan oleh kerajaan akibat pandemi Covid-19. Sehingga banyak dari jamaah haji tahun ini adalah para lansia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement