Kamis 29 Jun 2023 17:06 WIB

Potensi Jamaah Haji Tersesat Masih Tinggi Meski Kepadatan Berkurang

Puncak kepadatan jamaah haji terjadi saat lempar jumrah Aqabah.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah menggunakan fasilitas travelator di terowongan Muaisim, Mina, Makkah.
Foto: Republika/Didi Purwadi
Jamaah menggunakan fasilitas travelator di terowongan Muaisim, Mina, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia melanjutkan lempar jumrah di jamarat Mina pada hari kedua, yakni 11 Dzulhijjah, Kamis (29/6/2023) setelah melakukan lempar jumrah aqabah pada 10 Dzulhijjah (28/6/2023). Meski demikian tingkat kepadatan sedikit mereda dibanding hari pertama.

Kasi Layanan Lansia Daker Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arief Nurawi mengakui, prosesi lempar jumrah pada hari tasyrik sudah longgar, tidak padat seperti saat jumrah aqobah.

Baca Juga

"Iya sudah longgar, puncaknya memang pas jumrah aqabah," ucap dia di Mina, Kamis.

Menurut Arief, hal itu terjadi karena banyak jamaah haji setelah melaksanakan jumrah aqabah langsung melakukan tawaf ifadah, sai kemudian tahalul dan kembali ke hotel masing-masing untuk beristirahat. Selain itu, ada juga jamaah yang memang masih kelelahan setelah mengikuti rangkaian puncak ibadah haji.

Kepala Satuan Operasi (Kasatops) Arafah Muzdalifah Mina (Armina) Kolonel (Laut) Harun Ar Rasyid mengatakan keberadaan jamaah Indonesia yang berangkat maupun kembali dari arah jamarat kebanyakan tidak tahu arah tenda.  Dia mengatakan PPIH Arab Saudi berupaya membantu segala permasalahan yang dialami jamaah untuk diberikan solusi.

"Apalagi saat ini begitu datang jamaah dari Arafah kemudian Muzdalifah lalu datang ke Mina. Ketika kembali dari Jamarat para petugas akan membantu mencarikan jalan ke arah tenda," kata dia.

Harun mengatakan jamaah haji di Mina harus menempuh perjalanan panjang saat lempar jumrah ke jamarat. Dari tenda pemondokan ke mulut terowongan jaraknya bervariasi 500 meter (m) hingga 1,5 km. Sementara panjang terowongan sekitar 2 km atau pulang pergi 4 km.

Dari pantauan, situasi di terowongan jamarat tidak padat seperti sebelumnya saat lempar jumrah aqabah. "Alhamdulillah, jamarat sekarang sudah lebih sepi, enggak kayak kemarin yang padat," ujar Mahyudin (83) pada Kamis (29/6/2023).

Jamaah haji asal Aceh yang mendatangi jamarat bersama rekannya ini mengaku, bersyukur bisa melaksanakan lempar jumrah yang merupakan wajib haji dengan lancar tanpa ada halangan. "Saya semangat terus, semoga dikasih kesehatan sama Allah jadi bisa laksanain ibadah haji sampai selesai," ucapnya.  

Seperti diketahui, lempar jamarat adalah bagian dari rangkaian prosesi ibadah haji sebagai  perlawanan terhadap setan. Hal ini merupakan tindakan yang mencontoh Nabi Ibrahim ketika dia dan putranya, Nabi Ismail, mendapatkan godaan setan.

Lempar jumrah dilakukan dengan melempari batu ke tiang-tiang jamarat. Penjagaan dan pengawasan terus dilakukan oleh tim petugas haji di berbagai pos Mina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement