Kamis 27 Jul 2023 17:10 WIB

Imigrasi Siapkan Layanan Keimigrasian Umrah dari Semarang

Ada dua jadwal penerbangan umrah yang akan dapat layanan keimigrasian itu.

Jamaah umrah (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Jamaah umrah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kantor Imigrasi Semarang, Jawa Tengah, siap memberikan pelayanan keimigrasian untuk penerbangan ibadah umrah yang diberangkatkan langsung dari Bandara Ahmad Yani Semarang pada Agustus 2023.

"Rencananya untuk keberangkatan 1 dan 8 Agustus 2023," kata Kepala Kantor Imigrasi Semarang Guntur Sahat Hamonangan di Semarang, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

Rombongan jamaah tersebut, kata dia, akan melaksanakan ibadah umrah selama 11 hari dan akan kembali ke Tanah Air dengan menggunakan pesawat yang sama pada 12 dan 19 Agustus 2023.

Ia menuturkan dua jadwal keberangkatan langsung penerbangan umrah dari Semarang itu merupakan yang sudah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. "Paspor dan visa untuk keberangkatan tanggal 1 Agustus sudah beres," kata Sahat.

Menurut dia, Imigrasi sudah sepakat dengan biro perjalanan penyelenggara umrah tersebut untuk memastikan keberangkatan maupun kepulangan jamaah. Kalau misal berangkat 100 orang, pulang juga 100 orang. Kecuali ada alasan khusus, misalnya karena sakit.

Ia menjelaskan jika ada jamaah umrah yang tidak pulang ke Semarang tanpa alasan jelas, maka akan ditindaklanjuti dengan upaya hukum oleh kepolisian untuk mengantisipasi kemungkinan tindak pidana perdagangan orang.

Ia mengatakan layanan penerbangan langsung ke luar negeri dari Semarang terakhir dilakukan pada Maret 2020. Penerbangan reguler maupun ibadah umrah langsung dari Semarang, dihentikan akibat pandemi Covid-19.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement