Senin 31 Jul 2023 20:30 WIB

Modi Sampaikan Terima Kasih 4.314 Muslimah India Bisa Berhaji tanpa Mahram

Sebanyak 4.314 wanita India pergi haji tanpa mahram tahun ini.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Modi Sampaikan Terima Kasih 4.314 Muslimah India Bisa Berhaji Tanpa Mahram. Foto: PM India Narendra Modi
Foto: EPA-EFE/HARISH TYAGI
Modi Sampaikan Terima Kasih 4.314 Muslimah India Bisa Berhaji Tanpa Mahram. Foto: PM India Narendra Modi

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI -- Perdana Menteri India Narendra Modi pada Ahad (30/7/2023) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi karena telah membuat perubahan dalam kebijakan haji, dan perubahan tersebut membuat lebih dari 4.000 wanita Muslim dari India melakukan haji tanpa mahram (pendamping laki-laki). Modi mengatakan banyak dari mereka yang telah mengungkapkan kegembiraannya.

"Ada beberapa surat yang memberi Anda banyak kegembiraan dan inspirasi. Surat-surat yang ibu dan saudara perempuan Muslim saya tulis kepada saya, setelah kembali dari haji, adalah seperti itu. Perjalanan mereka tahun ini sangat spesial dalam banyak hal. Ini adalah wanita yang bisa pergi haji tanpa pendamping pria yang sebelumnya tidak diperbolehkan," kata Modi dilansir dari laman NDTV pada Senin (31/7/2023).

Baca Juga

"Saya ingin berterima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi atas perubahan kebijakan ini," lanjutnya. Dia menyebut pergeseran itu transformatif, karena jumlah wanita yang pergi haji dari India tanpa pria yang menemani mereka bukan 50 atau 100 akan tetapi lebih dari 4.000.

Di tengah pengawasan internasional atas catatan hak asasi manusia dan perlakuan terhadap perempuan, Arab Saudi pada 2019 menyatakan akan mengizinkan perempuan bepergian tanpa izin kerabat laki-laki.

Adapun Haji telah menjadi pusat titik nyala politik di India. Sementara, pemerintah pusat memutuskan untuk menghapus kuota haji diskresioner, yang tersedia bagi orang-orang di posisi konstitusional teratas dan kementerian urusan minoritas, Kongres telah menyalahkan pemerintah karena menghapus subsidi haji yang menurut pusat telah disalahgunakan.

Sementara itu, Menteri Urusan Minoritas Smriti Irani baru-baru ini mengatakan keputusan diambil untuk mengakhiri kuota diskresioner dalam haji di bawah tekad PM untuk mengakhiri budaya VIP. Dia juga mengatakan pemerintahnya membuat beberapa perubahan pedoman haji dengan mempertimbangkan kepentingan masyarakat, termasuk melarang delegasi VIP yang mengunjungi Arab Saudi setiap tahun.

Sebanyak 4.314 wanita India pergi haji tanpa mahram tahun ini. Angka tersebut terbesar sejak reformasi pada 2018. Di samping itu, Kementerian Urusan Minoritas telah membuat pengaturan komprehensif untuk kesehatan jamaah haji.

Sumber:

https://www.ndtv.com/india-news/pm-modi-on-what-made-haj-special-for-muslim-women-this-year-4253958

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement