Selasa 16 Apr 2024 19:55 WIB

Sebanyak 1.167 Calhaj Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji

Manasik dilakukan agar calhaj bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun.

Jamaah calon haji (JCH) menunggu giliran pengurusan administrasi di Asrama Haji Antara Riau di Kota Pekanbaru, Jumat (5/7/2019).
Foto: Antara/MN Kanwa
Jamaah calon haji (JCH) menunggu giliran pengurusan administrasi di Asrama Haji Antara Riau di Kota Pekanbaru, Jumat (5/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sebanyak 1.167 calon jamaah haji (calhaj) Kota Pekanbaru, Riau yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini mulai mengikuti bimbingan manasik haji. Manasik haji digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) setempat, dipusatkan di Masjid Raya An Nur, Selasa (16/4/2024).

Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun saat membuka kegiatan manasik haji tersebut meminta agar calhaj bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya.

Baca Juga

Selain itu, seluruh jamaah juga didoakan supaya diberi kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah. "Dengan adanya manasik haji ini, tentu kita berharap jamaah kita tahu alur pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci," katanya.

Selanjutnya, dia mendoakan agar calhaj sehat pulang pergi, dan bisa menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. Sebaliknya, dia juga berharap agar jamaah mendoakan Kota Pekanbaru supaya bisa lebih baik ke depannya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru Syahrul Mauludi menyebutkan bimbingan manasik haji untuk tingkat kota digelar dalam dua kali pertemuan. Setelah ini segera dilanjutkan dengan di tingkat kecamatan.

"Manasik ini merupakan upaya kita mempersiapkan jamaah untuk lebih maksimal lagi," katanya.

Dia menjelaskan, pada tahun ini jamaah haji Kota Pekanbaru langsung berangkat menuju Embarkasi Haji Batam. Calhaj Pekanbaru tidak lagi melalui Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau yang selanjutnya menuju Embarkasi Batam.

Sementara itu, untuk calhaj Riau tahun 2024 berjumlah 5.273 jamaah. Mereka terdiri atas kuota asal 4.742 orang.

Kemudian, ditambah prioritas lanjut usia 252, kuota tambahan 226, kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh (KBIHU) 14, dan petugas haji daerah (PHD) sebanyak 39 jamaah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement