Jumat 19 Apr 2024 16:13 WIB

143 Calon Jamaah Haji di Barito Utara Ikuti Manasik Haji

Manasik haji dilaksanakan di Masjid Masjid Shirathal Raya Mustaqim Muara Teweh.

Ilustrasi manasik haji.
Foto: Republika/Darmawan
Ilustrasi manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA TEWEH -- Sebanyak 143 calon haji di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti manasik haji 1445 Hijriyah untuk tingkat kecamatan di daerah tersebut.

"Kegiatan manasik haji para calon haji dari sembilan kecamatan ini dilaksanakan sampai 25 April 2024,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara Abdul Majid Rahimi di Muara Teweh, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga

Menurut dia, manasik haji tingkat kecamatan ini diikuti jamaah calon haji per kecamatan yaitu Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 78 orang, Teweh Selatan sebanyak 19 orang, Lahei sebanyak 15 orang, Montallat sebanyak 10 orang, Teweh Baru delapan orang, Gunung Timang enam orang, Lahei Barat lima orang, dan Gunung Purei dua orang.

Tujuan dari kegiatan ini, kata dia, untuk memberikan informasi kepada jamaah calon haji agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan baik di perjalanan maupun selama menunaikan ibadah haji serta sebagai penyesuaian dalam segala hal yang akan digunakan selama menunaikan ibadah haji.

“Kegiatan ini sangat penting diikuti oleh jamaah calon haji dan nanti pada saat pelaksanaan ibadah haji semua calon haji sudah memahami apa yang harus dilakukan," kata dia.

Ketua Panitia Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Barito Utara Amir Hadi menyampaikan kegiatan bimbingan manasik haji ini dalam rangka memberikan bekal pengetahuan ibadah haji bagi jamaah calon haji daerah ini.

Kegiatan bimbingan manasik haji ini dilaksanakan secara massal, yang merupakan salah satu amanah yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

"Pemerintah berkewajiban menyiapkan dan melaksanakan bimbingan manasik haji bagi jamaah calon haji,” kata dia.

Dia mengatakan, dengan adanya kegiatan bimbingan manasik haji ini diharapkan jamaah calon haji dapat memperoleh pengetahuan manasik haji secara maksimal, sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tata cara yang benar, menuju tercapainya haji mabrur yang diridhai Allah SWT.

“Kegiatan manasik haji ini diikuti 143 orang, terdiri atas 61 laki-laki dan 82 perempuan. Diprioritaskan calon haji lanjut usia dan cadangan,” ujar dia.

Menurut dia, manasik haji dilaksanakan di Masjid Masjid Shirathal Raya Mustaqim Muara Teweh, sedangkan untuk teori dilaksanakan di aula BappedaLitbang Muara Teweh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Pariadi menjelaskan kesehatan seluruh calon haji Barito Utara yang akan diberangkatkan pada musim haji 2024 telah diperiksa di RSUD Muara Teweh, dan dinyatakan telah memenuhi syarat keberangkatan.

“Para calon haji Barito Utara sudah dilaksanakan pemeriksaan kesehatannya, dan mereka dinyatakan memenuhi syarat keberangkatan pada musim haji tahun ini,” kata Pariadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement