Rabu 24 Apr 2024 06:05 WIB

Kemenag Jambi Siapkan Rumah Ramah Lansia di Asrama Haji

Jamaah lansia akan diberikan penanganan secara khusus di asrama haji.

Jamaah haji lansia berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda di bus shalawat dibantu dan dipastikan melaksanakan umroh wajib di Masjidil Haram. Ahad (17/6/2023)
Foto: Dok PPIH Arab Saudi.
Jamaah haji lansia berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda di bus shalawat dibantu dan dipastikan melaksanakan umroh wajib di Masjidil Haram. Ahad (17/6/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jambi mempersiapkan Rumah Ramah Lanjut Usia (lansia) di Asrama Haji Embarkasi Antara (EHA) setempat guna meningkatkan pelayanan bagi calon jamaah haji lansia.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Wahyudi Abdul Wahab mengatakan Rumah Ramah Lansia itu dipersiapkan khusus untuk calon jamaah haji berusia lanjut pada penyelenggaraan haji 2024.

Baca Juga

"Jamaah lansia itu akan diberikan penanganan secara khusus di asrama haji," kata dia, Selasa (23/4/2024).

Pada Rumah Ramah Lansia itu, ia siap memberikan pelayanan spesial dibandingkan jamaah pada umumnya, meliputi pengawasan yang lebih ketat, pelayanan ibadah, dan lainnya. Selain itu, Kemenag juga siap membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus penanganan lansia. Melalui penanganan khusus tersebut diharapkan calon jamaah haji yang berusia lanjut dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar.

Kemenag sejak tahun lalu telah berkomitmen menyelenggarakan pelayanan ibadah haji ramah lansia. Selain berusia lanjut, kebanyakan para lansia kondisi fisiknya lebih lemah dan berisiko tinggi sehingga memerlukan penanganan khusus.

Dia mengatakan meski pelaksanaan ibadah haji masih sekitar 1,5 bulan lagi, namun berbagai persiapan untuk penyelenggaraan ibadah haji 2024 secara bertahap telah dilakukan. Salah satunya dari sisi kesiapan dokumen calon jamaah haji nantinya.

Dia menyebutkan dalam pekan ini pihaknya menyelesaikan pengajuan pra manifes untuk penerbitan visa para calon jamaah haji dari Provinsi Jambi untuk penyelenggaraan haji. Dari sisi penyiapan dokumen perjalanan calon jamaah haji saat ini telah mencapai 98 persen.

“Dari sisi penyiapan dokumen sudah 98 persen, karena hanya tinggal satu atau dua yang di Machine Readable Travel Document (MRTD), dalam dua hari ini selesailah. Tahun ini secara nasional dipercepat semua persiapan,” kata dia.

Wahyudi menjelaskan data hingga saat ini jumlah calon jamaah haji dari Provinsi Jambi sebanyak 3.116 orang. Mereka akan terbagi dalam tujuh kloter, yaitu kloter 22 hingga kloter 28.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement