Senin 13 May 2024 15:36 WIB

Lantunan Thala'al Badru Sambut Kedatangan Kloter Pertama Jamaah Haji

Petugas mengingatkan kembali ibadah dan doa-doa yang baik dipanjatkan di Madinah.

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Israr Itah
Jamaah Haji gelombang pertama tiba di Hotel Abraj Tabah, Madinah.
Foto: republika
Jamaah Haji gelombang pertama tiba di Hotel Abraj Tabah, Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Lantunan syair Thala'al Badru menyambut kedatangan jamaah haji kloter pertama dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01). Sebanyak 393 jamaah mendapatkan sambutan meriah saat memasuki lobi Hotel Abraj Tabah di wilayah Syamaliyah, bagian utara Masjid Nabawi.

Tiba di hotel sekitar pukul 09.00 waktu Arab Saudi (WAS), lantunan Thala'al Badru menambah haru suasana penyambutan jamaah. "Tiga ratus sembilan puluh tiga jamaah telah tiba di Madinah dan sudah tiba di Hotel Abraj Tabah di Wilayah Syamaliyah yakni utara Masjid Nabawi,” ungkap Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi, di Madinah, Ahad (12/5/2024).

Baca Juga

Hadir menyambut juga, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI Yusran Bahauddin Ambary, Kepala Daker Madinah Ali Machzumi, Kepala Daker Makkah Khalilurrahman, pihak Masyarik, dan Tim Pengawas Haji. “Jamaah terlihat senang dengan sambutan yang diberikan, termasuk saat diberikan suvenir, makanan, dan minuman ringan yang kemudian dilanjutkan dengan makan siang,” kata Ali.

Sebelum turun dari bus yang membawa dari Bandara Madinah ke hotel, jamaah menerima arahan dari pembimbing ibadah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Petugas mengingatkan kembali ibadah dan doa-doa yang baik dipanjatkan saat berada di Madinah.

 

Kelompok penerbangan (kloter) pertama jamaah haji Indonesia 2024 tiba di Kota Madinah pada Ahad, 13 Mei 2024. Ada tiga kloter yang tiba di Hotel Abraj Tabah. Kloter pertama dari JKG 01 membawa 393 jamaah. Di kloter ini, jamaah paling muda berusia 19 tahun dan jamaah paling tua berusia 93 tahun bernama bapak Ardi Kinan Kini. Total lansia berusia di atas 65 tahun di kloter pertama ini berjumlah 79 orang.

Hotel Abraj Tabah yang berada di wilayah Syamaliyah pada hari ini menerima tiga kloter. Kloter pertama berjumlah 393 jamaah, kloter kedua 440 jamaah, dan kloter ketiga 440 jamaah.

Jamaah disambut dengan gembira oleh PPIH Arab Saudi 2024. Sekuntum bunga, segelas air zamzam, dan sebutir kurma serta lantunan Shalawat Badar yang diiringi dengan tabuhan rabana menyambut jamaah haji yang baru tiba di hotel. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement