Senin 27 May 2024 18:59 WIB

Jamaah Haji dari Daerah ini Dapat Sejumlah Gratisan, Ini Penjelasannya

Jamaah haji harus menjaga kesehatan.

Ilustrasi jamaah haji bersiap berangkat ke Tanah Suci.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi jamaah haji bersiap berangkat ke Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memfasilitasi pemberangkatan calon jamaah haji ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, dengan menggunakan empat unit bus.

"Pesan saya, bapak/ibu jamaah haji untuk menjaga kesehatannya. Jangan lupa istirahat yang cukup. Di sana (Tanah Suci) jamaah haji ini sebagai tamu Allah SWT, niatkan fokus ibadah, jangan sampai jatuh sakit. Tetap harus mengonsumsi vitamin dan membawa obat-obatan," kata Plt Bupati Sidoarjo Subandi di sela pemberangkatan jamaah haji di Pendapa Pemkab Sidoarjo, Ahad. 

Baca Juga

Ia mengemukakan, terdapat sebanyak 221 orang jamaah yang tergabung dalam kelompok terbang 60.

"Pemkab Sidoarjo memfasilitasi gratis pemberangkatannya dengan menggunakan empat bus menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Selain itu juga diberikan seragam batik Sidoarjo gratis yang dapat dipakai di Tanah Suci Makkah," ucapnya.

Menurut Subandi, di Makkah dan Madinah panasnya mencapai 48-49 derajat sehingga jamaah harus menjaga kesehatannya, jangan lupa vitaminnya dan jangan minum minuman yang dingin. 

"Selain itu, patuhi arahan petugas kloter yang membimbing, jangan terlepas dari rombongan. Dengan begitu, menjalankan berjalan lancar, syarat rukun haji dapat dijalani dengan baik dan sempurna. Semoga, pulang menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo Moh Arwani mengatakan untuk tahun 2024 terdapat 2.500 orang jamaah asal Sidoarjo yang berangkat ke Tanah Suci. Mereka tergabung dalam 13 kelompok terbang, pemberangkatannya dilakukan di pendopo Delta Wibawa dan di kantor Kemenag Sidoarjo.

"Untuk pemberangkatan calon haji di atas 100 orang diberangkatkan dari pendopo kabupaten, di bawah 100 orang diberangkatkan dari aula Kemenag," ucapnya. 

Kloter 60 yang berisi 221 orang jamaah Sidoarjo tersebut berasal dari beberapa KBIH, di antaranya KBIH Jabal Nur Sidoarjo, KBIH Al Mubarokah Sidoarjo serta dari jamaah haji mandiri dan juga PHD (Petugas Haji Daerah). Sebagian besar di kloter ini diisi oleh jamaah haji perempuan. Secara terperinci jumlah jamaah haji perempuan 112 orang dan 109 orang laki-laki.

"Jadwal masuk Kloter 60 ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya jam 11.55 WIB, di sana tidak sampai 24 jam, insya Allah besok Senin pukul 11.55 WIB, kloter 60 ini akan terbang ke Tanah Suci Makkah," ucapnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement