Selasa 28 May 2024 13:45 WIB

RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Berhasil Lakukan 10 Operasi Jantung

Indonesia dan Arab Saudi akan berkolaborasi menghasilkan inovasi kesehatan.

Ilustrasi operasi jantung.
Foto: Musi Banyuasin
Ilustrasi operasi jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, dengan bantuan dari King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief), Arab Saudi, berhasil melakukan operasi bedah jantung kepada 10 pasien dalam sepekan.

"Selain itu, 31 pasien juga berhasil menjalani intervensi nonbedah kateterisasi jantung dalam periode pertama program ini selama sepekan," ujar Direktur Utama RSUP Adam Malik dr Zainal Safri di Medan, Senin.

Baca Juga

Zainal mengatakan tim medis rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini juga mendapatkan banyak pembelajaran dari program kerja sama tersebut.

Salah satunya, kata dia, program ini melibatkan proses transfer ilmu pengetahuan dan peningkatan keterampilan, sehingga ke depan dapat meningkatkan pelayanan dalam penanganan penyakit jantung.

 

"Seperti operasi bentall, itu tingkat lanjut dan tim medis mendapatkan pembelajaran dari tim dokter Arab Saudi ini,” tuturnya.

Ketua Tim Pengampuan Layanan Kardiovaskular RSUP Adam Malik dr Faisal Habib SpJP(K) FIHA menambahkan bahwa program kerja sama ini memberikan alih teknologi kepada tim medis.

“Selama ini kami sudah rutin melakukan kasus-kasus bedah jantung, sekarang ingin lebih tingkat lanjut, bagaimana operasi bedah jantung ini tidak lagi harus membuka seluruh dada, tetapi hanya potongan kecil di dada, inilah proses alih teknologinya,” kata dia.

Salah satu dokter dari Arab Saudi, dr Ali Ahmed Haneef mengatakan senang atas terlaksananya program operasi jantung di RSUP Adam Malik tersebut.

“Alhamdulillah, hasilnya luar biasa, juga berkat dukungan dari rumah sakit ini. Secara keseluruhan, program ini sangat berhasil, Insya Allah, dengan dukungan KSRelief kami akan terus melakukan lebih banyak program di masa depan,” ucapnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement