Rabu 29 May 2024 15:11 WIB

Layanan Khusus Jamaah Lansia di Hotel Makkah

Jamaah haji lansia mendapat sambutan hangat dari petugas.

Petugas haji menyambut kedatangan jamaah dan melayani jamaah lansia di Madinah.
Foto: Republika/Karta Raharja Ucu
Petugas haji menyambut kedatangan jamaah dan melayani jamaah lansia di Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Muhyiddin dari Makkah, Arab Saudi

Ribuan calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia saat ini sudah tiba di Makkah Al-Mukarramah untuk melaksanakan umroh wajib di Masjidil Haram. Salah satu kloter yang sudah tiba di Makkah adalah kloter JKG 02 (Jakarta) yang berjumlah 400 lebih jamaah. 

Baca Juga

Mereka mendapatkan sambutan hangat dari petugas Daker Makkah di Hotel Qasr Al Talayie (301), Makkah pada Senin (20/20/2024) malam. Puluhan jamaah lansia juga turut serba dalam kedatangan rombongan ini. 

Kepala Bidang Akomodasi PPIH Arab Saudi, Zainal Muttaqin yang turut menyambut mereka mengatakan, jamaah lansia mendapatkan layanam khusus ketika sampai di hotel. Ketika datang, mereka akan langsung mendapatkan kursi roda dan dibantu sampai ke kamarnya. 

 

"Untuk lansia sebagaimana arahan pimpinan kita bahwa yang pertama pasti kita akan bantu untuk ke kursi roda," ujar Zainal saat ditemui di sela-sela penyambutan jamaah haji di Hotel Qasr Al Talayie (301), Makkah belum lama ini.

Calon jamaah lansia juga akan mendapatkan prioritas kamar. Pihaknya akan menempatkan jamaah haji lansia di kamar- kamar yang posisinya dekat dengan lift.

"Jadi posisinya dekat dengan lift. Ini tujuannya adalah agar memudahkan untuk mereka dievakuasi atau kemudian juga ketika membutuhkan," ujar Zainal. 

Dia mengatakan, sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan ketua sektor atau pun kloter untuk menempatkan jamaah lansia itu di kamar yang berdekatan dengan lift.

"Kita sudah blok atau kita sudah tempatkan jamaah-kamaaj lansia, kita sudah koordinasi dengan ketua sektor, ketua kloter, ketua rombongan agar mereka berusaha menempatkan jamaah lansia di dekat lift," kata dia. 

Sampai saat ini sudah ada 3000-an lebih calon jamaah haji yang tiba di Makkah. Zainal pun mengimbau kepada jamaah yang sudah tiba di Makkah untuk beristirahat sejenak sebelum melakukan umroh wajib. 

"Jadi untuk jamaah haji Indonesia saat tiba di Makkah, yang pertama kita mengharapkan terlebih dahulu untuk istirahat. Jadi istirahat sebelum mereka bersiap-siap untuk mengambil umroh," jelas Zainal. 

Untuk melaksanakan umrah, kata dia, PPIH Arab Saudi, khususnya layanan transportasi juga telah menyiapkan 7000-an lebih bus sholawat. Bus ini akan beroperasi di 22 rute selama 24 jam. 

"Kami dari panitia sudah menyiapkan bus untuk angkutan sholawat menuju Masjidil Haram, dan kemudian sambil istirahat mereka harus tetap memperhatikan larangan larangan dalam berihramnya," kata Zainal. 

 

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement