Kamis 02 Mar 2023 08:00 WIB

Muslim Glasgow akan Menjalani Puasa Ramadhan 15 Jam

Selama Ramadhan, umat Muslim akan bangun lebih pagi untuk melaksanakan sahur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Muslim Glasgow akan Menjalani Puasa Ramadhan 15 Jam. Foto: Ilustrasi Berpuasa
Foto: Prayogi/Republika
Muslim Glasgow akan Menjalani Puasa Ramadhan 15 Jam. Foto: Ilustrasi Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW — Umat Muslim di Glasgow, Skotlandia telah bersiap untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Masjid Pusat Glasgow telah mengumumkan tanggal pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 2023 serta berapa lama waktu puasa yang akan dijalani oleh umat Muslim di kota itu.

Glasgow Live Seperti dilansir pada Kamis (2/3/2023) pada bulan suci Ramadhan, umat Muslim di Glasgow akan berpuasa tidak makan dan tidak minum hingga 15 jam setiap hari selama sebulan penuh. Sebagaimana diketahui salah satu hikmah berpuasa adalah mendorong setiap individu memiliki empati terhadap orang-orang yang kurang beruntung.

Baca Juga

Selain itu mendorong diri untuk senantiasa bersyukur. Bulan Ramadhan juga sebagai bulan memperingati turunnya Alquran yang pertama kali diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.

Selama Ramadhan, umat Muslim akan bangun lebih pagi untuk melaksanakan sahur. Lalu setiap Muslim akan menahan diri tidak makan dan minum sampai waktu berbuka atau setelah matahari terbenam.

Masjid pusat Glasgow mengumumkan bahwa ibadah bulan suci Ramadhan akan di mulai pada 23 atau 24 Maret. Tanggal tersebut akan dikonfirmasi dengan penampakan bulan yang lebih dekat dengan waktunya. Masjid Pusat Glasgow juga telah merilis jadwal Ramadhan 2023 dengan rincian waktu sholat dan sholat Idul Fitri juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement