Kamis 02 Mar 2023 14:59 WIB

Jamaah Haji dari 7 Wilayah ini akan Diberangkatkan dari Bandara Kertajati

Bandara Kertajati Cirebon siap untuk pemberangkatan jamaah haji.

Ilustrasi jamaah haji berangkat dari Bandara Kertajati menuju Madinah (Arab Saudi). 
Foto: Istimewa
Ilustrasi jamaah haji berangkat dari Bandara Kertajati menuju Madinah (Arab Saudi). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Kertajati, Jawa Barat, disiapkan untuk pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji di tujuh wilayah di Jawa Barat, setelah disetujuinya bandara tersebut oleh General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab mengatakan tujuh wilayah yang akan dilayani dari Bandara Kertajati yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Subang, Sumedang, dan Kota Cirebon.

Baca Juga

"Kami perkirakan total ada sekitar 7.890 orang jamaah dari tujuh daerah tersebut," ujar Saiful Mujab di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Saiful menyebut bahwa disetujuinya Bandara Kertajati untuk operasional musim haji 1444H/2023M menjadi kabar baik. Kemenag langsung menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati.

 

Rencananya, tujuh ribuan calon haji tersebut akan terbagi dalam 20 kelompok terbang atau kloter. Proses clearance(izin) dari imigrasi juga akan dilakukan di Bandara Kertajati.

"Kami sambut baik atas persetujuan GACA untuk penggunaan Bandara Kertajati, Jawa Barat. Kita pun telah menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati," kata dia.

Ia mengatakan asrama haji Indramayu juga sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada jamaah calon haji. Sehingga, jamaah calon haji dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat ini akan berangkat dari Asrama Haji Indramayu.

"Selama ini jamaah asal tujuh kabupaten/kota di Jabar ini berangkat dari Asrama Haji Bekasi. Mulai tahun ini, mereka akan berangkat dari Asrama Haji Indramayu," kata dia.

Sebelumnya, GACA Arab Saudi telah mengirimkan surat elektronik kepada Konsul Haji KJRI Bandara Kertajati diizinkan mengoperasikan sekitar 21 sampai 23 penerbangan dengan kurang lebih 7.000 sampai 8.000 orang haji.

GACA juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan terkait hal ini kepada Kementerian Haji dan Umrah Saudi per 1 Maret 2023.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement