Senin 13 Mar 2023 19:02 WIB

Badai Petir di Arab Saudi Masih Berlanjut

Badai petir juga disertai dengan badai pasir mencapai lebih dari 50 Km per jam.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Hujan mengguyur Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Badai Petir di Arab Saudi Masih Berlanjut
Foto: SPA
Hujan mengguyur Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Badai Petir di Arab Saudi Masih Berlanjut

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pusat Meteorologi Nasional (NCM) memperingatkan badai petir yang diperkirakan akan melanda, dalam berbagai intensitas, sebagian besar wilayah Saudi dalam beberapa hari mendatang hingga awal minggu depan.

Melansir Saudi Gazette, Ahad (12/3/2023), dalam prakiraan cuaca terbaru, pusat tersebut mengatakan sebagian besar kegubernuran di provinsi Asir, Al-Baha, Hail, Al-Qassim, Najran, dan Jazan dan sebagian Makkah, Riyadh, dan Provinsi Timur akan terjadi badai petir sedang hingga berat.

Baca Juga

Peristiwa itu juga disertai dengan badai pasir yang dapat mencapai lebih dari 50 Km per jam, hujan es, dan hujan lebat, dengan jarak pandang rendah, dari Ahad, (12/3/2023)) hingga Kamis (16/3/2023).

Hujan sedang hingga lebat, disertai badai pasir, hujan es, dan banjir bandang dengan kecepatan lebih dari 50 Km per jam diperkirakan akan terjadi di beberapa bagian provinsi Makkah, Riyadh, Al-Jouf, Perbatasan Utara, dan sebagian besar kegubernuran Madinah, Timur Provinsi, dan Al-Qassim pada Ahad (12/3/2023) dan Senin (13/3/2023).

 

Menurut prakiraan NCM, hujan ringan hingga sedang, disertai hujan es dan badai pasir dengan kecepatan lebih dari 50 km per jam kemungkinan akan terjadi pada Ahad (12/3/2023) di sebagian provinsi Makkah, Madinah, Tabuk, Al-Jouf, dan Perbatasan Utara.

Badai petir sedang, disertai badai pasir yang dapat mencapai lebih dari 50 km per jam, menyebabkan jarak pandang rendah, dengan hujan es dan hujan deras diperkirakan terjadi dari Selasa (14/3/2023) hingga Kamis (16/3/2023) di beberapa bagian provinsi Makkah, Tabuk, dan sebagian besar kegubernuran Madinah dan Riyadh. Beberapa bagian Al-Jouf dan wilayah Perbatasan Utara juga akan mengalami badai petir sedang hingga berat pada Selasa (14/3/2023) dan Rabu (15/3/2023), sementara hujan sedang akan terjadi di sebagian besar kegubernuran di Provinsi Timur pada Kamis (16/3/2023).

NCM meminta semua orang untuk mengikuti informasi cuaca melalui layanan komunikasi dan saluran medianya dan untuk mengikuti instruksi dari otoritas terkait dalam hal ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement