Ahad 19 Mar 2023 20:10 WIB

Pendaftaran Haji Jamaah Domestik Berakhir 10 Ramadhan

10 Ramadhan jadi waktu terakhir batas pendaftaran haji domestik.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Pendaftaran Haji Jamaah Domestik Berakhir 10 Ramadhan. Foto:  Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Pendaftaran Haji Jamaah Domestik Berakhir 10 Ramadhan. Foto: Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah kerajaan menyampaikan, Muslim yang tinggal di Arab Saudi memiliki waktu hingga 10 Ramadhan untuk mendaftar untuk menghadiri haji tahun ini.

Dilansir dari laman Gulf News pada Ahad (19/3/2023), Kementerian mengatakan di Twitter, bahwa pengajuan haji oleh warga negara Saudi, orang asing yang tinggal di kerajaan dan yang tidak melakukan haji tahunan sebelumnya berlanjut hingga Ramadhan 10.

Baca Juga

Keesokan harinya, pendaftaran akan dibuka untuk warga Saudi dan ekspatriat yang melakukan haji setidaknya lima tahun lalu sampai slot terisi.

Bulan Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada Kamis (24/3/2023). Pendaftaran dilakukan melalui tautan https://localhaj.haj.gov.sa atau aplikasi Nusuk.

 

Pada Januari, kementerian mengumumkan pembukaan pendaftaran elektronik untuk warga negara Saudi dan ekspatriat Muslim yang tinggal di Arab Saudi yang ingin menunaikan ibadah haji tahun ini.

Jamaah domestik dipilih secara acak melalui sistem undian online setelah disetujui untuk melakukan haji, salah satu dari lima kewajiban Islam.

Sementara itu, Kementerian telah meluncurkan empat paket untuk jamaah domestik yang ingin menghadiri haji dengan biaya mulai dari 3984 riyal hingga 11841 riyal. Kerajaan juga mengatakan jamaah domestik dapat membayar biaya haji untuk haji tahun ini dalam tiga kali cicilan, tidak sekaligus seperti yang terjadi sebelumnya.

Angsuran ketiga dan terakhir harus dibayar paling lambat (10/10/1444), yaitu kurang dari dua bulan sebelum dimulainya manasik haji yang jatuh tempo pada akhir Juni tahun ini.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement