Sabtu 08 Apr 2023 09:13 WIB

Angkat Tema Khusus Lansia Tahun Ini, Kemenag Ingin Berikan Layanan Spesial  

Kemenag memberikan layanan prioritas untuk jamaah haji lansia

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Dirjen PHU) Kemenag, Hilman Latief usai membuka Bimbingan Teknis Tugas dan Fungsi PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jumat (7/4/2023) malam.
Foto: Dok Kemenag
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Dirjen PHU) Kemenag, Hilman Latief usai membuka Bimbingan Teknis Tugas dan Fungsi PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jumat (7/4/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tema ibadah haji yang diusung Kementerian Agama (Kemenag) 2023 atau 1444 Hijriyah adalah Haji Ramah Lansia. Dengan tema itu, Kemenag ingin memberikan kemudahan-kemudahan kepada jamaah haji lansia. 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Dirjen PHU) Kemenag, Hilman Latief mengatakan, Kemenag ingin memberikan kemudahan kepada jamaah haji lansia.

Baca Juga

 Misalnya pembimbing jamaah haji lansia tidak memaksa jamaah haji lansia untuk terus berjalan, karena mereka yang lansia memiliki keterbatasan fisik atau tenaga. 

"Atau dalam konteks tertentu, bagaimana mereka (jamaah haji lansia) naik bus, (mereka harus) ditempatkan dengan baik, misalnya saat naik lift, karena kalau enggak mereka akan tertinggal, tersingkir terus, kita ingin memberikan layanan yang standar dan memberikan kemudahan-kemudahan," kata Hilman usai membuka Bimbingan Teknis Tugas dan Fungsi untuk PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jumat (7/4/2023). 

Hilman mengatakan, jamaah haji lansia punya keterbatasan, misalnya pendengaran kurang atau kekuatan fisiknya kurang. Jadi mereka membutuhkan dukungan-dukungan. 

"Maka kami dari Kementerian Agama ingin memberikan kemudahan saja, (maka) kesadaran itu harus dimiliki jamaah dan petugas," ujar Hilman. 

Sebanyak 928 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi ikut Bimbingan Teknis (Bimtek) Tugas dan Fungsi di Asrama Haji Pondok Gede pada 7 sampai 16 April 2023. 

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Arsyad Hidayat, mengatakan, sebanyak 928 orang PPIH Arab Saudi ikut Bimtek Tugas dan Fungsi dari tanggal 7 April sampai 11 April 2023. 

Baca juga: Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

Kemudian dilanjutkan dengan Bimtek terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 11 April-16 April 2023. 

"Maksud dan tujuan dari kegiatan Bimtek Tugas dan Fungsi dilaksanakan untuk memperdalam tugas dan fungsi yang menjadi tanggung jawab bidang-bidang pelayanan yang akan disandang petugas PPIH," kata Arsyad saat pembukaan Bimtek Tugas dan Fungsi di Asrama Haji Pondok Gede, Jumat (7/4/2023) malam. 

Ia menjelaskan, sementara Bimtek terintegrasi dengan Kemenkes dalam rangka meningkatkan koordinasi antara bidang layanan. Serta harmonisasi dan sinergitas pelayanan antara petugas untuk menyatukan visi dan misi PPIH Arab Saudi. 

Adapun jumlah peserta yang ikut hadir Bimtek Tugas dan Fungsi sebanyak 928 orang. Ketika dilaksanakan Bimtek terintegrasi dengan teman-teman dari Kemenkes, total orang yang akan hadir sebanyak 1.234 petugas.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement