Selasa 11 Apr 2023 22:11 WIB

Ini 13 Skema Layanan Jamaah Haji Lansia dari Tanah Air Sampai Kepulangan

Kemenag fokus prioritaskan layanan jamaah haji lansia tahun ini

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji. Kemenag fokus prioritaskan layanan jamaah haji lansia tahun ini
Foto:

Skema Perjalanan/ Antar Kota Perhajian.

6. Di Dalam Pesawat

Mengintensifkan visitasi PPIH Kloter dan perangkatnya terhadap jamaah haji lansia selama di pesawat serta sigap membantu jamaah haji lansia yang membutuhkan bantuan (kesulitan membawa tas kabin, mengantar dan menemani ke toilet)

7. Gelombang 1 Sampai di Madinah

Memastikan ketersediaan kursi prioritas kepada jamaah haji lansia di dalam bus dan di area lobi hotel, memprioritaskan jemaah haji lansia pada saat masuk lift, membangun kepedulian bersama dengan cara menyapa dan mengingatkannya di setiap bimbingan ibadah, dan menyebarkan selebaran dan brosur terkait peduli lansia

8. Gelombang 1 Menuju Makkah

Memastikan ketersediaan kursi prioritas di dalam bus dan membantu jamaah haji lansia dalam proses perjalanan serta mengimbau jamaah haji lainnya untuk mendampingi jamaah haji lansia, memberikan imbauan kepada jamaah haji lansia untuk tidak turun dari bus (niat ihram di dalam bus)

9. Gelombang 2 Tiba di Jeddah

Memastikan dengan pihak Wukala dan PPIH Arab Saudi Daker Bandara untuk mengutamakan layanan jamaah lansia, terutama terkait kecukupan kursi roda dan alat bantu lainnya serta ketersediaan kursi prioritas di ruang tunggu bandara dan di dalam bus saat menuju Makkah

10. Jamaah Tiba di Makkah

Petugas memastikan ketersediaan kursi prioritas kepada jamaah haji lansia di area lobi hotel, ketersediaan lift khusus jamaah haji lansia, membangun kepedulian bersama dengan cara menyapa dan mengingatkannya di setiap bimbingan ibadah, menyebarkan selebaran dan brosur terkait peduli lansia, serta memberikan informasi kepada jamaah untuk beristirahat sebelum melaksanakan umrah wajib

Arafah, Muzdalifah, Mina dan Safari Wukuf

11. Arafah, Muzdalifah, Mina

Menjamin jamaah haji lansia, risti, komorbid, dan disabilitas mendapatkan akses akomodasi dalam tenda, dan transportasi yang aman, nyaman, dan terjaga kesehatannya selama di Arafah, Mina, dan Muzdalifah

12. Safari Wukuf

Melakukan pendataan dan melaporkan kondisi kesehatan jamaah haji lansia, risti, komorbid dan disabilitas dua hari sebelum pelaksanaan Arafah, Muzdalifah dan Mina serta menyiapkan petugas pendamping dan bus sesuai dengan kondisi jamaah yang akan disafariwukufkan.

Kepulangan Jamaah Haji

13. Kepulangan ke Tanah Air

 

Mengintensifkan visitasi PPIH Kloter dan perangkatnya terhadap jamaah haji lansia selama di pesawat serta sigap membantu jamaah haji lansia yang membutuhkan bantuan (kesulitan membawa tas kabin, mengantar dan menemani ke toilet), memastikan dengan pihak penerbangan untuk mengutamakan layanan jamaah haji lansia, risti, komorbid dan disabilitas, serta memprioritaskan layanan lansia di seluruh embarkasi/ debarkasi.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement