REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) merespons keluhan jamaah umroh dari travel Jannah Firdaus di Tanah Suci. Ratusan jamaah mengaku merasa ditipu Jannah Firdaus karena memberikan fasilitas tidak sesuai yang dijanjikan.
"Siap. Kami sudah memprosesnya," kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (13/4/2023).
Nur Arifin mengatakan Kemenag telah menerima keluhan dari jamaah Jannah Firdaus dua hari yang lalu. Keluhan yang disampaikan jamaah kepada Kemenag bahwa Jannah Firdaus tidak memberikan fasilitas sesuai yang dijanjikannya.
"Kalau laporan ini baru sekitar dua hari yang lalu, ada jamaah Jannah Firdaus yang menyampaikan mendapatkan layanan hotel yang tidak sesuai," katanya.
Nur Arifin mengatakan keluhan jamaah ini sudah ditangani Kantor Urusan Haji (KUH) Kemenag di Arab Saudi. Jamaah saat ini masih berada di wilayah Arab Saudi.
"Sudah kami arahkan untuk ditangani oleh KUH," katanya.