Jumat 21 Apr 2023 09:09 WIB

1.636 Dosis Vaksin Meningitis Disiapkan untuk JCH Bengkulu

Vaksinasi diberikan bagi CJH telah selesai memeriksa kesehatan di kabupaten/kota.

Jamaah Haji (ilustrasi). Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiapkan 1.636 dosis vaksin meningitis meningococus untuk jamaah calon haji (CJH) di wilayah tersebut yang akan berangkat tahun ini.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah Haji (ilustrasi). Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiapkan 1.636 dosis vaksin meningitis meningococus untuk jamaah calon haji (CJH) di wilayah tersebut yang akan berangkat tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BENGKULU -- Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiapkan 1.636 dosis vaksin meningitis meningococus untuk jamaah calon haji (CJH) di wilayah tersebut yang akan berangkat tahun ini.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Eplen Yunidarmi mengatakan, vaksin meningitis telah disalurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada pertengahan Maret dan mulai didistribusikan. Adapun jumlahnya sesuai Surat Keputusan Gubernur yaitu sama sesuai alokasi jumlah jamaah haji asal Bengkulu sebanyak 1.636 dosis vaksin.

Baca Juga

Ia mengatakan, daerah mengajukan surat permintaan vaksin meningitis meningococus bagi jamaah haji sesuai dengan kuota ke Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Untuk sebaran vaksin meningitis tersebut yaitu Kota Bengkulu 312 dosis, Kabupaten Bengkulu Utara 200 dosis, Kabupaten Bengkulu Selatan 133 dosis, Kabupaten Rejang Lebong 227 dosis.

Kemudian Kabupaten Mukomuko 169 dosis, Kabupaten Seluma 168 dosis, Kabupaten Kaur 107 dosis, Kabupaten Kepahiang 111 dosis, Kabupaten Lebong 94 dosis, Kabupaten Bengkulu Tengah 94 dosis. "Selanjutnya pembimbing kelompok ibadah haji dan umrah ada enam sosis dan petugas haji daerah sekitar 15 dosis," kata dia.

Eplen mengatakanuntuk pengambilan vaksin disertai dengan Kartu Kesehatan Jamaah Haji (KKJH) ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji dan Surat Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor : L.126.B.l Tahun 2023 tanggal 28 Februari 2023 tentang Penetapan Kuota Haji pada 1444 Hijriah.

Terkait teknis pelaksanaan vaksinasi akan diberikan bagi calon haji yang telah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan jamaah haji tahap dua di Kabupaten/Kota. Kemudian dinyatakan memenuhi syarat Istithaah Kesehatan Haji dan telah melakukan Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Dinkes juga telah memastikan semua jamaah calon haji telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, kedua dan ketiga sesuai dengan skema pelaksanaan vaksinasi nasional sebagai salah satu syarat wajib keberangkatan ibadah haji. "Terkecuali yang tidak bisa divaksinasi atas indikasi medis yang di buktikan dengan surat keterangan dokter ahli," sebut Eplen.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement