Kamis 27 Apr 2023 13:59 WIB

Garuda Siap Terbangkan 104.172 Jamaah Haji Reguler

Mereka adalah jamaah yang berasal dari sembilan embarkasi.

Rep: Fuji E. Permana/ Red: Ani Nursalikah
Maskapai penerbangan haji (Ilustrasi). Garuda Siap Terbangkan 104.172 Jamaah Haji Reguler
Foto: Dok Republika.co.id
Maskapai penerbangan haji (Ilustrasi). Garuda Siap Terbangkan 104.172 Jamaah Haji Reguler

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) menandatangani kontrak kerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terkait Angkutan Udara Jamaah Haji Reguler Indonesia Tahun 1444 H/ 2023 M. Kedua belah pihak bersepakat bersinergi dalam penerbangan jamaah haji tahun ini.

Penandatanganan perjanjian dilakukan Dirjen PHU Hilman Latief dengan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (27/4/2023). Hadir menyaksikan, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim beserta Inspektur Wilayah I dan II Itjen Kemenag, Sekretaris dan seluruh Direktur pada Ditjen PHU, serta jajaran Direksi dari PT. Garuda Indonesia.

Baca Juga

PT Garuda Indonesia Tbk selama ini menjadi mitra Kementerian Agama dalam memberangkatkan jamaah haji Indonesia ke Arab Saudi dan mengantar pulang mereka kembali ke Tanah Air. Sebelum penandatanganan kerja sama ini, kedua pihak telah melakukan serangkaian pembahasan intensif, termasuk negosiasi harga dan pembahasan draft perjanjian kerja sama.

"Terima kasih atas kepercayaan kepada kami. Tahun ini kami menyiapkan 14 armada yang terdiri dari Boeing 777 dan Airbus 300 untuk mengangkut jamaah haji reguler Indonesia dari Tanah Air ke Arab Saudi dan kembali lagi ke Tanah Air," kata Irfan melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Kamis (27/4/2023).

Di tempat yang sama, Hilman menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin dengan baik dalam pengangkutan jamaah haji Indonesia. Garuda Indonesia tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan mengangkut jamaah haji reguler ke Arab Saudi hingga kembali lagi ke Tanah Air. Totalnya ada 104.172 orang yang tergabung dalam 287 kelompok terbang.

“Mereka adalah jamaah yang berasal dari sembilan embarkasi, yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok,” ujar Hilman.

Kepada Garuda Indonesia, Hilman mengingatkan tahun ini ada sekitar 30 persen jamaah yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini memiliki tagline Haji Ramah Lanjut Usia.

Karenanya, Hilman berharap Garuda Indonesia melakukan penyesuaian layanan demi kenyamanan jamaah haji, termasuk lansia. Hilman juga minta ada layanan prioritas kepada jamaah lansia dan disabilitas, baik saat naik pesawat, selama berada di dalam pesawat, saat turun dari pesawat, hingga keluar dari bandara.

"Kami meminta petugas darat dan udara PT. Garuda Indonesia Tbk tahun ini dapat lebih ramah dan responsif dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia. Layani mereka bagaikan melayani orang tua kita sendiri,” ujar Hilman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement