Ahad 07 May 2023 08:52 WIB

Embarkasi Aceh Siapkan Mobil Golf Layani Jamaah Haji Lansia

Kemenag maksimalkan pelayanan jamaah haji lansia.

Ilustrasi mobil golf untuk mengantarkan jamaah haji lansia di embarkasi Aceh.
Foto: Arab News
Ilustrasi mobil golf untuk mengantarkan jamaah haji lansia di embarkasi Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh Ali Amran Abbas menegaskan bahwa mulai tahun ini pihaknya memberikan pelayanan maksimal untuk jamaah calon haji (JCH) yang sudah lanjut usia (lansia).

"Kami berikan pelayanan maksimal untuk jamaah calon haji yang lansia, apalagi jamaah lansia merupakan prioritas Kemenag tahun ini," kata Ali Amran Abbas, di Banda Aceh, Sabtu (7/5/2023).

Baca Juga

Untuk Aceh, kata Ali, tahun ini ada sekitar 43 persen jamaah haji yang sudah berusia lanjut dari total jamaah keseluruhan sebanyak 4.393 orang.

Ali menyampaikan bahwa khusus dalam pelayanan jamaah lansia yang menjadi jamaah prioritas itu pihaknya sudah menyediakan mobil golf untuk menjemput dan mengantar jamaah selama berada di asrama.

Menurut dia, jamaah lansia nanti tidak lagi harus berjalan kaki saat masuk atau keluar kamar, karena mereka diantar langsung oleh petugas dengan mobil golf tersebut.

"Kami juga telah melatih petugas dalam melayani lansia. Bahkan nanti kami tempatkan lansia di kamar lantai satu di setiap gedung penginapan agar lebih memudahkan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ali, pihaknya saat ini juga sedang meminta laporan kepada petugas kabupaten/kota terkait jumlah jamaah lansia yang membutuhkan bantuan kursi roda untuk kemudian dapat disiapkan secukupnya.

"Data-data di kabupaten sudah kami minta, dan berdasarkan data itu kami akan siapkan kursi roda di asrama haji. Kami juga minta bantuan kepada Dinas Sosial, BSI, dan Bank Aceh supaya bisa memberikan kontribusi untuk pelayanan haji lansia tahun ini," katanya.

Pihaknya juga sudah melakukan pengaturan kegiatan jamaah calon haji selama berada di asrama agar bisa lebih banyak beristirahat. Artinya tidak banyak agenda seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Nanti jamaah lebih banyak istirahat, karena semua fasilitas sudah kami siapkan, mulai dari penyambutan hingga pelayanan terkait lainnya seperti dengan imigrasi, KKP Kesehatan, pembagian gelang,danliving cost," kata Ali Amran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement